Wah, Hard Disk WD Hanya Perlu 3 Detik untuk Salin File

ki-ka: Regional Marketing Manager CE & Enterprise Storage Division APAC, Western Digital Taiwan Co, Ltd, Patrick Lo dan Sales Manager Indonesia Western Digital Centre Harianto Karim menunjukkan Western Digital (WD) VelociRaptor 1TB yang merupakan hard disk SATA tercepat saat ini.

JAKARTA, KAMIS – Kalau kamu gemar menyalin file video berukuran besar, menyunting video, melakukan rendering, membuat animasi dan modeling 3D, tentu kamu butuh hard disk yang mendukung kegiatan tersebut. Bukan hanya yang berkapasitas besar, tapi juga yang gegas kinerjanya.

Nah itu bisa disajikan oleh WD VelociRaptor. Lihatlah klaim spesifikasinya. Ia mampu berputar pada 10.000rpm. Kapasitas terbarunya adalah 1TB. Selain itu juga tersedia kapasitas 500GB dan 250GB. Koneksinya SATA 3, alias 6Gbps.

“Ini drive SATA paling cepat yang ada di pasar, mampu menangani sebarang beban kerja, dan sangat handal,” promosi Patrick Lo (Regional Marketing Manager, CE& Enterprise Storage Division, APAC, Western Digital Taiwan Co., Ltd) dalam acara peluncuran WD VelociRaptor di Jakarta (8/5/2012).

Sekadar tahu saja, VelociRaptor ini tadinya ditempatkan di jajaran produk enterprise. Tapi belakangan WD menggesernya ke segmen baru: workstation/PC berkinerja tinggi. “Karena cocok untuk channel market dan power user,” alasan Lo. “VelociRaptor cocok untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi yang seimbang, mereka yang perlu kapasitas besar untuk memanipulasi file berukuran besar, dan yang mengutamakan kehandalan yang sudah terbukti,” tambahnya.

Mau tahu kan seberapa cepat VelociRaptor bekerja? Dalam demo, ditunjukkan bagaimana hard disk 3,5” dengan kapasitas 1TB tersebut selesai menyalin sebuah folder berisi beberapa file video dengan ukuran total 1,2GB dalam waktu sekitar 3 detik. Bila diterjemahkan dalam kecepatan, ia menyalin dengan kecepatan 882MB/s.

“(VelociRaptor) unggul di aplikasi-aplikasi yang intensif-penulisan, seperti video editing, atau memutar film dengan Windows Media Center,” jelas Lo.

Ia lalu menyuguhkan hasil uji beberapa benchmark. Untuk aplikasi workstation dengan LTSpice Simulation misalnya,  kinerja VelociRaptor tercatat 28% lebih cepat dibandingkan SSD. Sementara skor benchmark PCMark Vantage menunjukkan skor kinerjanya 17% lebih cepat dibandingkan generasi VelociRaptor sebelumnya (600GB, 10.000rpm), dan 55% lebih cepat dibandingkan produk kompetitor. Jika dibandingkan hard disk pesaing, skor IOMeter VelociRaptor dalam membaca sekuensial 31% lebih cepat, dan 40% lebih cepat saat membaca secara random.

Tertarik? Sediakan dana US$ 390 untuk menebus WD VelociRaptor 1TB. Jika memiliki US$ 245, kamu bisa mendapatkan yang berkapasitas 500GB. Jika danamu lebih kecil lagi, US$ 185, kamu akan mendapatkan yang berkapasitas 250GB. O ya, untuk mendapatkan kinerja optimal, hard disk ini sebaiknya dipasang di sistem operasi Windows 7.

Tanggapan Kamu

komentar