Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Kaspersky Lab Temukan (lagi) Backdoor Mac OS X

JAKARTA, JUMAT – Mac OS X mulai banyak disasar malware. Bulan April lalu Mac OS X diserang SabPub yang mengeksploitasi kerentanan MS Office. Bulan Juni, tepatnya tanggal 27, ada satu lagi malware Mac OS X yang ditemukan.

 

Oleh Kaspersky Lab, malware itu diidentifikasi “Backdoor.OSX.MaControl.b.” Backdoor ini merupakan varian baru MaControl dan berbahaya.

 

Jika dijalankan, backdoor MaControl menginstal sendiri ke dalam Mac milik korban dan terhubung ke server Command and Control (C&C) untuk menerima perintah. Backdoor memungkinkan operator untuk membuat daftar file, memindahkan file dan menjalankan perintah pada Mac yang terinfeksi. Saat menganalisis malware ini, Kaspersky Lab mengidentifikasi server C&C sebagai berada di Cina.

 

 

 

Mac memang tidak lagi kebal malware. Dan ini diakui oleh Apple yang beberapa hari lalu menarik klaim mereka yang menyatakan “komputer Mac tidak rentan terhadap ribuan virus yang mengganggu komputer berbasis Windows.”


Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu