Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Seagate Backup Plus, Nyamankan Urusan Backup Data

Jajaran produk Seagate Backup Plus ukuran 2,5 inci ini berkapasitas 500MB dan 1 TB

Backup data adalah persoalan yang seringkali disepelekan. Padahal, melakukan backup jadi penting ibarat mempunya ban cadangan di mobil kamu. Sehingga, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada perangkat atau layanan yang kamu gunakan untuk menyimpan data, kamu tetap memiliki semua salinannya.

Oiya, seperti namanya, Seagate Backup Plus memang terutama ditujukan sebagai hardisk yang akan membackup semua data kamu. Mulai dari data yang ada di PC, Mac, hingga datamu yang ada di social media ataupun yang ada di awan. Bagi Banseng Teh, Wakil Presiden & Direktur Pelaksana Penjualan & Pemasaran Seagate Asia Pasifik & Jepang, backup menjadi penting dilakukan karena kamu tak pernah tau apa yang akan terjadi di luar sana.  “Bagi saya, memiliki file backup di tempat yang ada di samping saya dan bisa saya lihat adalah lebih baik,” terangnya. “Kesalahan manusia adalah hal terbesar yang terjadi pada kasus kehilangan file. Sehingga memiliki backup adalah pencegahan yang perlu.”

Konekto Seagate Backup Plus ini bisa dilepas pasang untuk pilihan koneksi lewat USB 3.0, Thunderbolt, atau Fire Wire

Kemudahan membackup data-lah yang ditawarkan hardisk ini. Sebab, kamu tinggal mengatur bagaimana hardisk ini akanmelakukan backup lewat antarmuka Seagate Dashboard-nya. Lewat Segate Dahboard, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan penyimpanan semisal ingin melakukan backup sekali seminggu, sebulan sekali, atau tiap kali hard drive dicolokkan. Kemampuan lainnya adalah kemampuan backup file di jejaring sosial kamu. Jadi kamu bisa dengan mudah mengunduh foto dan video yang ada di akun Facebook, Flickr, dan Youtube ke dalam hardisk ini. Perangkat smartphone juga memudahkan kamu langsung mengunggah foto ke jejaring sosial. Nah, dengan Backup Plus, foto-foto yang baru kamu unggah lewat smartphone itu, bisa langsung tersimpan ke dalam hard disk ketika dicolokkan ke PC/Mac.

Hardisk ini juga kompatibel digunakan untuk menyimpan data menggunakan PC atau Mac, serta mengakses data-data itu kembali dengan fungsi penuh di PC atau Mac. Seagate juga memberikan gratis 4GB selama setahun untuk layanan cloud mereka yang juga bisa diakses lewat Seagate Backup Plus ini. Seagate Backup Plus tersedia dalam ukuran 2,5 inci dengan kapasitas 500 GB (US$78) dan 1TB (US$118) dan empat warna pilihan, merah, biru, hitam, dan silver. Sementara untuk ukuran 3,5inci tersedia ukuran 2TB (US$123) dalam balutan warna hitam.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu