Nonton K-Pop Bareng Smartfren

(Kiri-kanan) Dani Ritonga (Perwakilan VMS), Eddy Lim (Perwakilan Ligagame.com), Dellawati Wijaya (Partnership and Marketing, VIKI Indonesia) dan Herman Suharto (Kepala Divisi m-Commerce, Smartfren) saat mengenalkan beragam layanan VAS terbaru Smartfren

Jakarta, Selasa – Kamu penggemar K-Pop dan punya perangkat Smartfren berbasis Android boleh bergembira. Pasalnya, Smartfren baru saja mengumumkan kerjasama bareng VIKI, sebuah layanan video online yang punya banyak konten seru, termasuk klip video K-Pop atau film-film populer dari negeri ginseng, Korea.

VIKI sendiri sebenarnya mirip Youtube, bedanya tidak ada pengguna yang mengunggah video secara bebas. Video di layanan yang berasal dari Amerika ini disediakan langsung oleh rumah produksi yang bekerjasama dengan VIKI. “Konsep layanannya B2B (bussiness to bussiness), sehingga tidak ada pengguna yang mengupload sendiri,” kata Dellawati Wijaya (Partnerships and Marketing Manager, VIKI Indonesia. Della juga menyebut, saat ini pihaknya sudah banyak bekerjasama dengan produsen film dalam negeri, film lokal yang sudah bisa dinikmati di jaringan VIKI antara lain Tarix Jabrix yang dibintangi kelompok musik The Changcuters. “Selain klip video musik dan film, VIKI juga memiliki beragam kanal seperti anime (film animasi), berita, dan drama televisi,” tambah Della.

Layanan VIKI yang seluruh kontennya berlisensi gratis saat ini memang baru ada di perangkat Smartfren berbasis Android. Menurut Herman Suharto (Kepala Divisi M-Commerce Smartfren) VIKI sengaja dibundling eksklusif bersama  Smartfren untuk memberi nilai tambah sehingga pengguna makin merasa nyaman menggunakan operator ini. “Layanan tambahan ini untuk menjaga loyalitas pengguna terhadap Smartfren, karena di Indonesia turn rate (tingkat perpindahan) pengguna untuk operator telekomunikasi cukup tinggi. Makanya VAS ini terus kita kembangkan kedepannya,” jelas Herman.

Selain VIKI, Herman juga mengumumkan kerjasama dua layanan Value Added Service (VAS) dengan Smartfren, yaitu Video Messaging Service (VMS) dan Smartfren Games Credits. Layanan VMS adalah layanan pesan berbentuk video yang bisa dikirim layaknya SMS ke sesama pengguna VMS. Sementara Games Credits adalah layanan Smartfren untuk para penggemar game online yang sering membeli kredit untuk aneka asesoris atau item game. Jika sebelumnya gamer online harus mencari voucher khsus untuk game yang dimainkannya, dengan Smartfren Game Credits mereka bisa menambah kredit game online menggunakan voucer fisik dan elektrik milik Smartfren yang biasa dipakai untuk mengisi pulsa. “Selain keuntungan untuk gamer, publisher game online juga dimudahkan, karena tidak perlu mencetak dan mendistribusikan voucher mereka,” jelas Herman.

Saat ini Smartfren sudah bekerjasama dengan 22 publisher game online yang menggelar layanannya di Indonesia, diantaranya GigaSlave, Musuh Abadi, FIFA Online 2, Aika, Dynasty War, Football Saga dan lain-lain. Daftar lengkap game yang sudah bekerjasama dalam program ini serta cara pembelian dan penggunaan voucher bisa dilihat di http://www.smartfren.com/gamescredits.

Tanggapan Kamu

komentar