Toshiba Rancang Image Sensor untuk Smartphone

toshibaJAKARTA, RABU – Toshiba dilaporkan sedang merancang image sensor khusus untuk smartphone dan tablet. Dengan sensor tersebut, pengguna smartphone dan tablet bisa mengambil gambar sekelompok orang – kemudian memilih wajah tertentu untuk menjadi fokus setelah gambar itu diambil.

Sensor image Toshiba ini mirip milik kamera light field Lytro yang meluncur awal tahun ini.  Bedanya, perangkat Lytro berukuran segiempat dengan panjang lebih dari 4”. Sementara itu teknologi baru Toshiba bisa dikemas di dalam sebuah imaging sensori normal.

Imaging sensor Toshiba berbentuk kubus dan tersusun dari lebih dari 500 ribu lensa mikro di bagian depan sensor. Kubus itu masing-masing berukuran 1cm, sehingga bisa dimasukkan dalam sejumlah desain smartphone. Susunan sensor tersebut tidak hanya memungkinkan pengguna memilih titik image untuk defocus atau focus, tapi juga bisa semua wajah dalam satu image dibuat fokus tanpa peduli lokasi mereka dalam bingkai.

Toshiba sedang mencari manufaktur untuk mengintegrasikan sensor kameranya ke dalam smartphone, tablet, dan perangkat lain. Perusahaan ini berharap teknologi tersebut sudah dipasarkan pada akhir 2013.

Tanggapan Kamu

komentar