Review Antivirus Norton Internet Security (2013)

u2-426-NortonPertama kali melihat kemasannya kami sempat bingung, versi berapakah Norton Internet Security (NIS) ini?
Masalahnya, tidak tercantum versi tahun yang biasanya mudah ditemukan seperti di versi sebelumnya. Selidik punya selidik, ternyata Norton memang tidak lagi mencantumkan versi tahun di belakang judul produk Antivirusnya. Tapi tak apalah, buat memudahkan dikenal, versi baru yang datang ke meja uji PCplus ini kita sebut saja sebagai Norton Internet Security 2013.

Sebagai produk segar, NIS 2013 ini banyak mengalami penyempurnaan. Satu yang terasa adalah saat proses instalasi pertama kali. Selain cepat, proses instalasi NIS tidak membutuhkan restart seperti yang terjadi di program anti virus lain. Hal ini menjadi poin plus buat NIS, dan nampaknya patut ditiru oleh program  anti virus lain. Instalasi yang kurang dari 3 menit ini langsung membawa NIS ke tugas sebenarnya, menjaga PC kamu dari ancaman. Oh ya, sangat disarankan untuk menghidupkan koneksi internet kamu pasca instalasi, sebab Norton akan langsung memeriksa update database malware miliknya.

Setelah proses instalasi selesai, kamu akan melihat antarmuka yang sedikit berbeda di NIS 2013. Ya, perubahan mendasar dari antarmuka Norton versi ini dilakukan untuk memudahkan pengguna perangkat sentuh untuk mengoperasikan NIS. Jadi, tidak disangsikan kalau NIS 2013 ini dioptimalkan untuk sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 8, terutama dalam hal antarmukanya. Bahkan, menurut PCplus, desain antarmuka NIS ini diinspirasi oleh kotak-kotak Metro yang bisa ditemukan di Windows 8 sehingga nyaman dipakai di layar tablet  sekalipun saat mengakses fitur-fiturnya.

Dari hasil coba-coba PCplus, kinerja NIS termasuk cepat saat memeriksa hard disk dengan beragam file, termasuk di dalamnya dokumen office (XLSX, DOCX), file terkompresi (ZIP dan RAR), video, gambar, musik, file ISO, dan format file lain. Waktu yang dibutuhkan NIS untuk memeriksa hard disk dengan ukuran file 300 gigaan sekitar 30 sampai 40 menit dalam moda full scan. Tapi ini bukan acuan utama, mengingat waktu yang didapat akan berbeda untuk spesifikasi sistem yang berbeda pula. Yang jelas, saat memeriksa, sumber daya komputer masih terasa ringan untuk melakukan pekerjaan lain seperti mengetik, browsing, mendengar musik dan mengedit foto menggunakan Photoshop.

File ZIP yang berisi 300 virus koleksi PCplus bisa dicegah sempurna oleh Norton menggunakan update 28 November 2012. Tapi untuk angka, 300 memang tergolong kecil, sehingga dibutuhkan contoh (sampel) yang lebih banyak untuk bisa mengetahui seberapa hebat kinerja NIS 2013 ini. Selain perlindungan virus, NIS juga menyediakan fasilitas firewall untuk melindungi  jaringan dari susupan cracker, termasuk menjaga email dari spam yang mengganggu. Fitur paling menarik yang PCplus temukan adalah kemampuan pemindaian wall Facebook dari kemungkinan adanya link berbahaya yang bisa memengaruhi keamanan akun kamu. Oh ya, NIS 2013 juga punya integrasi dengan Windows 8 ELAM (Early Launch of Anti Malware). Dengan ELAM ini, NIS akan dapat prioritas paling tinggi ketika booting awal di Windows 8.
(bsd)

 

Spesifikasi

Fitur • Anti Malware
• Anti Spam
• Identity Protection
• Firewall
• Anti Spyware
• Web Security
• Anti Scam/Phising
• Social Media Protection
Kebutuhan Sistem Windows XP, Vista, 7, 8
Besar File Instalasi 139MB
Situs web http://www.nortom.com
Lisensi 1 Tahun
Harga Rp. 99.000,- (1 user)/219.000,- (3 user)

*Astrindo Starvision (021) 62310287

 

Layar utama  NIS 2013 yang mengadopsi gaya Metro milik Windows 8.

Layar utama
NIS 2013 yang mengadopsi gaya Metro milik Windows 8.

 

Proteksi realtime  sekaligus konsumsi sumber daya PC oleh NIS bisa dengan mudah dikontrol.

Proteksi realtime
sekaligus konsumsi sumber daya PC oleh NIS bisa dengan mudah dikontrol.

 

+ Hemat sumber daya, instalasi cepat, monitor file untuk pencegahan virus baru/belum diketahui.

Fitur Identity Safe kadang bermasalah di Chrome dan Firefox.

 

Rating   7,9

 

Foto:  Dok. Norton

 

Tanggapan Kamu

komentar