Mari Streaming Video dari PC ke iPhone

airmovie  Salah satu hal yang membuat iTunes kurang fleksibel adalah kamu hanya bisa mensinkronisasikan format video tertentu. Jika ingin memainkan video yang bukan berformat MOV atau MPEG-4 di iPhone atau iPad, kamu harus meng-encode video tersebut dulu. Tahapan encode akan membuat frustasi sebagian orang yang ingin memanfaatkan secara maksimal perangkat iOS agar bisa memutar video secara penuh.

Kalau mau memutar video tanpa repot encoding, streaming-kan saja video dari PC ke iPhone dengan bantuan AirMovie. Steaming pun bisa dilakukan jika kamu mempunyai koneksi internet yang bagus (Wi-Fi atau 3G).

AirMovie tersedia secara free pada App Store, dan kamu bisa menginstalnya pada iPhone dan iPod touch. Unduh AirMovie untuk iOS pada alamat: http://itunes.apple.com/app/airmovie-enjoy-videos-in-your/id549812918?mt=8. Aplikasi desktop server juga bisa pula kamu unduh secara free. Pemakai Android bisa mengunduh AirMovie dari Google Play store, tepatnya pada alamat: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peepleware.airmovie.

Mau tahu caranya men-streaming video dari PC ke iPhone? Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Agar bisa memutar video dari komputer, kamu harus menginstal AirMovie server. Unduh aplikasi server desktop dari http://airmovie.peepleware.com/, lalu jalankan file EXE yang telah kamu unduh. AirMovie server bisa kamu instal pada sistem operasi Windows XP atau yang lebih baru. Setelah aplikasi terinstal pada PC, periksa opsi Set Password, lalu tentukan 4 digit password yang akan kamu gunakan. Pada saat kamu menjalankan app, app akan meminta PIN yang kamu gunakan sebagai identifier. Tekan tombol Get Pin untuk mendapatkan PIN. Jika kamu mendapatkan pesan error, pergilah ke menu Help, lalu ikuti petunjuk yang diberikan.
  2. Pilih video yang akan kamu streaming dengan AirMovie server. Meski pada aplikasi tersedia tombol Add, kamu harus menjalankan drag-n-drop folder yang menyimpan videomu ke area Folders. File individual tidak bisa kamu tambahkan ke AirMovie. Setelah melakukan drag-n-drop, tekan tombol Save.
  3. Pada iPhone-mu, masuklah ke Airmovie app, lalu tekan tombol pada pojok kiri atas app. Kamu akan diminta memasukkan PIN. Setelah memasukkan PIN, kamu bisa melihat daftar Folders dan Files. Tap pada Folders atau Files untuk melihat video yang bisa kamu putar. Kamu juga bisa mencari file video dengan menggunakan tombol Search dengan terlebih dahulu mengetikkan nama file yang akan kamu cari.
  4. Pada menu Settings pada AirMovie app, kamu bisa menentukan beberapa opsi, di antaranya Auto Play Next Video, Low Quality Playback, Port, dan 3G Network Notification. AirMovie app juga bisa secara pintar mendeteksi kecepatan internet dan menyesuaikan resolusi video. App juga memberikan kesempatan untuk mengakses server publik; kamu bisa mengaksesnya melalui menu Share Server.

Tanggapan Kamu

komentar