Aih, SSD pun Makin Tipis

adata 7mm_Slim NotebookJAKARTA, KAMIS – Ultrabook sedang naik daun. Fisiknya yang tipis membuat storage yang dipasang di perangkat ini tidak bisa terlalu tebal. Karena itu biasanya ultrabook dan juga laptop dengan tipis menggunakan SSD (solid state disk), bukan hard disk 2,5” yang tebal dan berat.

Namun rupanya SSD dengan ketebalan 9mm atau 9,5mm pun dianggap kurang tipis untuk ultrabook. Ukuran itu dianggap lebih pas untuk notebook. Maka para produsen SSD merampingkan fisik SSD yang ditujukan pada ultrabook dan notebook supertipis.  Hasilnya adalah SSD setebal 7mm.adata 7_9.5mm Form Factor

Dua produsen SSD asal Taiwan, ADATA dan Silicon Power, sudah mengumumkan keberadaan SSD SATA III 6GB/s dengan tebal 7mm tersebut. Tawaran ADATA datang dengan pegangan plastik 2,5mm sehingga juga tetap bisa dipasang di slot drive 9,5mm.

Silicon-Power-Slim-S55-ssd
Silicon Power Velox Slim S55

Sedangkan Silicon Power tidak menawarkan tambahan tersebut pada Velox Slim S55-nya. Sebab Velox Slim S55 yang tersedia dalam kapasitas 60, 120 dan 240 GB itu, begitu tulis Silicon Power dalam rilis persnya, murni ditujukan untuk ultrabook.

Belum ada informasi harga dari ADATA maupun Silicon Power tentang SSD 7mm masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version