JetClean: Hilangkan Kekacauan

Tidak banyak aplikasi pembersih sistem yang menyediakan opsi untuk mengoptimalkan performa sistem. Sebagian besar aplikasi tune-up PC hanya menyertakan fitur-fitur penting pada versi berbayar. JetClean mengisi celah peluang tersebut. JetClean merupakan aplikasi ringan yang mampu membersihkan sistem, dan mengoptimalkan kinerja sistem dengan menyediakan sejumlah opsi tune-up pada berbagai macam aspek kinerja sistem.

Dengan JetClean, kamu bisa membersihkan file sampah, registry sistem, membersihkan RAM, menghapus shortcut yang usang, uninstall aplikasi yang tidak kamu inginkan, optimalisasi startup, defragment registry, dan mendongkrak kinerja internet. Meskipun JetClean hanya tersedia dalam paket installer, kamu bisa membuat salinan portabel untuk dijalankan dari USB drive. Aplikasi JetClean bisa dipasang pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

Untuk menghilangkan kekacauan pada sistem, silakan unduh JetClean di alamat: http://www.bluesprig.com/jetclean.html. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Free Download pada website untuk mengunduh JetClean, lalu jalankan proses instalasi.
  2. Hanya dengan mengklik tab 1-Click, kamu bisa menjalankan beberapa opsi pembersihan, yaitu Registry Clean, Windows Clean, Apps Clean, Shortcut Clean, dan RAM Clean. Dengan opsi tersebut, kamu bisa membersihkan registry, file sampah pada Windows, file usang pada aplikasi, shortcut, dan membebaskan RAM pada sistem.
  3. Pilih item yang akan dibersihkan, lalu klik Scan Now. JetClean akan men-scan semua hal yang sekiranya bisa dibersihkan pada sistemmu. Klik tombol Stop untuk menghentikan proses scan pada sistem.
  4. Setelah proses scan selesai dijalankan, klik tombol Repair untuk menjalankan proses pembersihan.
  5. Klik tab Tools untuk menemukan beberapa opsi, yaitu System Information, Uninstaller, Startup Optimization, Registry Defrag, Internet Booster, dan Portable. Pada bagian System Information, kamu bisa mendapatkan informasi seputar sistem, mulai dari sistem opreasi, prosesor, kartu grafis, tipe storage, dan sebagainya. Pada bagian Uninstaller, kamu bisa menjalankan operasi Uninstall pada berbagai macam kategori, mulai dari All Programs sampai Windows Updates.
  6. Di bagian Startup Optimization, kamu bisa mengatur program apa saja yang berjalan saat sistem startup. Klik tombol Disable untuk mematikan program agar tidak bekerja saat sistem startup, sehingga waktu boot berjalan lebih cepat. Pada kolom Memory, kamu bisa melihat program mana saja yang menyita memori dan menyebabkan proses startup berjalan lambat.
  7. Klik pada Registry Defrag untuk menjalankan proses pembersihan entry registry sekaligus menjalankan defragment registry. Dengan cara ini, aplikasi memberikan solusi lebih efisien terkait dengan masalah registry.
  8. Klik pada Internet Booster untuk melihat berbagai opsi untuk mendongkrak kinerja jaringan internet. Kamu bisa menjalankan Scan untuk mengoptimalkan pengaturan dan kinerja jaringan internet, sehingga koneksi Internet-mu berada pada kecepatan maksimum.
  9. Jika ingin menjadikan aplikasi JetClean portabel, klik pada Portable, lalu pilih direktori untuk menyimpan aplikasi versi portabel, dan klik Generate.
  10. Klik tab Settings untuk mengonfigurasikan pengaturan dasar pada aplikasi JetClean. Pengaturan yang tersedia antara lain menjalankan app saat Windows startup, mengubah transparansi dan mengatur jadwal pembersihan pada sistem.

Dengan JetClean, kamu bisa mendongkrak performa sistem sekaligus menjalankan operasi pembersihan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Recent Posts

Daftar Putar, Fitur Baru TikTok

Dengan fitur daftar putar atau playlists, pengguna lain yang datang ke akun kita dapat fokus…

1 week ago

Benchmark Performa Intel Iris Xe Max

Intel kembali memulai langkah pembuatan VGA discrete, alias VGA non onboard (bukan on chip atau…

2 weeks ago

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan IT

Di pasaran, pilihan laptop ada sangat banyak. Berbagai merek menawarkan produk dengan spesifikasi dan fitur…

3 weeks ago

VivoBook Flip 14 TP470 Laptop 2-in-1 Terbaru Asus

Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, laptop jenis convertible atau biasa disebut juga sebagai laptop 2-in-1…

1 month ago

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

1 month ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

1 month ago