Google Translate Juga Bisa Berbahasa Jawa

google

Jakarta, Jumat Setelah beberapa kali mengalami penyempurnaan di bahasa Indonesia, kini giliran bahasa Jawa yang didukung oleh Google Translate. Terhitung Rabu (8/5) kemarin, kamus digital mbah Google mampu menerjemahkan bahasa Jawa.

Saat ini sistem terjemahan bahasa Jawa dalam Google Translate  memang masih berstatus “Alpha”, alias masih dalam tahap awal pengembangan. Jadi jangan heran kalau kualitas hasil terjemahan bahasa Jawa di Google Translate belum setara dengan terjemahan bahasa lain.

“Kami akan terus menguji dan meningkatkan akurasi bahasa-bahasa ini,” tulis Program Manager Google Translate Sveta Kelman, seperti yang dikutip PCplus Online dari KompasTekno.

Menurut Google, bahasa Jawa adalah bahasa kedua yang paling sering digunakan di Indonesia dengan 83 penutur asli.

Selain itu Google juga mengumumkan dukungannya terhadap 70 bahasa yang ada di seluruh dunia. “Kami sangat antusias karena mencapai lebih dari 70 bahasa, dan kami berharap terus menambahkan lebih banyak lagi,” ujar Sveta.

Layanan Google Translate dapat diakses melalui browser atau melalui aplikasi di perangkat Android dan iOS. (KompasTekno/Aditya Panji)

sumber: http://tekno.kompas.com/read/2013/05/09/14583148/Google.Translate.Bisa.Bahasa.Jawa?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tanggapan Kamu

komentar