Aplikasi Photo Utilities ‘Focus Magic’

Menormalkan Efek Blur Pada Foto

Hampir semua aplikasi photo-editor pasti dilengkapi kemampuan mempertajam foto yang mengalami kondisi blurry (nge-blur). Namun, beberapa pihak meyakini bahwa jarang sekali ada aplikasi foto editor yang mampu mengembalikan ketajaman foto hingga mendekati “sempurna”.

d2-433-FocusMagic copyMaka hadirlah sebuah aplikasi bernama Focus Magic yang diklaim mampu mempertajam foto-foto blur dengan metode ‘deconvolution’ dan menghasilkan gambar tajam yang sesungguhnya. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang mengandalkan teknik ‘unsharp mask’ untuk menormalkan tingkat ketajaman foto. Pada teknik ‘unsharp mask’, biasanya hanya sekedar menaikkan kontras gambar sehingga pada takaran tertentu, warna foto justru tampak tidak natural.

Aplikasi Focus Magic ini sangat cocok digunakan untuk mengembalikan fokus pada foto-foto yang mengalami blur karena goncangan saat memotret maupun karena gerakan obyek yang cepat. Kemampuan lain yang dapat dilakukan aplikasi Focus Magic ini adalah “memperhalus” foto dan menaikkan resolusi pada foto beresolusi rendah. Selain itu, Focus Magic juga dapat diintegrasikan dengan Adobe Photoshop sebagai plug-in.

Kemampuan Focus Magic yang selanjutnya adalah mampu mereduksi bintik maupun garis pada image hasil proses scanning, terutama image yang diambil dari koran atau majalah. Kemampuan ini disebut dengan “despeckle”.

Aplikasi ini begitu mudah digunakan. Tinggal load foto yang hendak diproses, lalu pilih mode yang diinginkan. Kemudian tekan tombol (ikon) yang menyerupai lampu lalu lintas.

Meski tidak serta merta menaikkan kualitas foto, aplikasi ini sejatinya cukup cocok untuk kegiatan recovery maupun digital forensic walaupun tetap bisa kamu gunakan untuk memoles foto-foto pribadi yang blurry atau beresolusi rendah.

 

Informasi

Situs http://www.focusmagic.com/download.htm
Ukuran File 1,5 MB
Lisensi Demo
Harga US$ 45
Kebutuhan Sistem Win XP/Vista/7/Mac OS X

 

 

Naskah: Khadis [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar