Roboscan Internet Security: Lindungi Diri dari Malware

Antivirus dan antimalware merupakan aplikasi wajib pada setiap PC, termasuk pada Windows 8. Komputer/laptop/PC menyimpan berbagai macam data penting, sehingga harus punya sistem pengamanan. Roboscan Internet Security dengan Smart Scan Technology akan men-scan sistem secara cepat dan efektif. Selain itu, penyertaan firewall menyediakan proteksi virus secara real-time. App juga menyediakan file shredder yang akan menghapus data penting secara permanen. Silakan unduh app di alamat: http://www.roboscan.com/home/home_main.aspx.

Roboscan Internet Security adalah solusi Free dan Premium karena kamu bisa mendapatkan perlindungan dari virus dan malware layaknya sebuah app berbayar. App ini bisa diinstal pada Windows 8 pada edisi 32-bit dan 64-bit. Kamu juga bisa menginstal aplikasi Roboscan Internet Security pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

Selanjutnya, simak langkah-langkah berikut untuk mengamankan diri dari malware:

  1. Jalankan proses instalasi, lalu jalankan app yang telah kamu pasang tadi. Pada antarmuka hadir enam tab, yaitu Security Center, Scan & Clean, Network Protection, Privacy Protection, System Protection, dan System Management. Secara default, kamu berada pada tab Security Center yang memberikan semua gambaran keamanan pada sistem Windows 8.
  2. Klik Scan & Clan untuk men-scan sistem operasi. Kamu akan mendapati tiga metode scan, yaitu Quick Scan, Basic Scan, dan Advanced Scan. Klik pada salah satu metode yang diinginkan, lalu tentukan direktori file yang akan di-scan. Pada sisi kanan Scan/Clean, kamu bisa mengakses Quarantine, Uncleaned Items, Scan/Clean History, dan Excluded Items. Kamu juga bisa melakukan scan cepat dengan memilih salah satu opsi Scan My Documents, Scan Desktop Items, dan Scan User Defined Folders.
  3. Proses scan pada Basic Scan dan Quick Scan berjalan cepat karena Roboscan hanya akan men-scan direktori dan file registry yang paling sering diakses. Kamu juga bisa melihat Risk level dari file yang dicurigai sebagai malware, yang terdiri dari Low, Very Low, Normal, High, dan Very High.
  4. Klik tab Privacy Protection, lalu klik tombol Run pada Shred File agar app secara permanen menghapus file yang berada di Recycle Bin. Kamu bisa memilih lokasi shred selain Recycle Bin.
  5. Klik tab System Protection, dan app akan memberikan opsi Real-Time Protection dan Self Protection. Aktifkan parameter proteksi dengan menekan tombol ON, atau mengklik Setup untuk menjalankan konfigurasi lebih lanjut. Klik Windows Security Update untuk memeriksa ada tidaknya update pada sistem operasi. Klik System Vulnerabilites untuk memeriksa kemungkinan celah keamanan pada sistem. Klik Roboscan Lock untuk menentukan password agar tidak sembarang orang bisa menggunakan app.
  6. Pada jendela Configuration, tentukan konfigrasi seperti Basic Settings, Scan/Protection, Update, dan Network (Firewall).
Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Recent Posts

Manfaatkan dlvr.it untuk Menjadwalkan Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur penjadwalan atau schedule Instagram.…

35 mins ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

1 month ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

1 month ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

1 month ago

Tiktok Hadirkan Fitur Penjadwalan Video, Seperti Ini Caranya

Sudah tahu fitur penjadwalan video TikTok? Kami mengetahuinya beberapa Minggu lalu, tepatnya bulan Februari akhir.…

2 months ago

Apakah Itu ASUS Intelligence Performance Technology (AIPT) ?

Ada hal menarik yang membuat akhirnya kami membawanya dalam satu halaman saat ASUS memperkenalkan laptop…

2 months ago