NodeXL: Bikin Grafik Jaringan Sosialmu di Excel

nodexlNodeXL adalah template open source untuk Excel 2007 dan 2010 yang memampukanmu membuat hierarki jaringan. Kamu bisa membuat grafik hierarki secara kustom. Kamu bisa membuat grafik jejaring sosial tanpa menggunakan aplikasi dan pemrograman yang rumit. Kamu bisa mengimpor follower pada Twitter atau YouTube atau Flickr, lalu membuat grafik yang merepresentasikan koneksi pada jejaring sosialmu.

NodeXL kompatibel dengan Excel 2007 dan Excel 2010 dan bisa diinstal pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Namun kamu juga perlu menginstal .Net Framework 3.5 atau yang lebih baru.

Silakan unduh aplikasi NodeXL di alamat: http://nodexl.codeplex.com/ dengan mengklik tombol download. Setelah proses unduh selesai, jalankan proses instalasi. Lalu bikinlah grafik jaringan sosialmu di Excel dengan langkah-langkah berikut:

  1. Jalankan NodeXL, dan kamu akan menemukan tab tambahan NodeXL pada Excel yang memungkinkanmu membuat grafik jejaring sosial. Kamu bisa menggunakan worksheet contoh yang ada untuk mencoba membuat grafik agar tampil profesional.
  2. Kamu akan melihat dua kolom informasi yang digunakan untuk membuat grafik pada sisi sebelah kiri. Kamu bisa mengustomisasikan tampilan grafik dengan mengisikan kolom Edge dan Vertex.
  3. Klik Import untuk mengimpor data yang akan digunakan pada grafik. Format yang bisa didukung antara lain GraphML, UCINet, Pajek, dan matrix. Pengguna Outlook dan Outlook Express juga bisa mengimpor informasi jejaring sosial dari e-mail untuk membuat grafik dengan NodeXL. Caranya, klik Import, lalu pilih From Email.
  4. Kamu juga bisa mengimpor data yang diambil dari follower Twitter. Klik Import, lalu pilih From Twitter Search Network atau From Twitter User’s network atau From Twitter List Network.
  5. Untuk memasukkan data dari jejaring sosial YouTube, klik Import, lalu pilih From YouTube User’s Network atau From YouTube Video Network.
  6. Jendela pop-up akan meminta kamu memberikan otorisasi pada NodeXL. Selanjutnya daftar pengguna bisa diimpor secara mudah dan diubah menjadi grafik.
  7. Pada pane Graph, klik menu drop-down Layout untuk menentukan tampilan dari grafik.
  8. Klik Refresh Graph untuk me-refresh grafik jikalau ada data baru yang kamu impor.

Tanggapan Kamu

komentar