Hadir, Hard Disk Enterprise Skalabel WD untuk Datacenter

wd_se_4tbJAKARTA, SELASA – Beberapa waktu lalu, WD (Western Digital) merilis Red, jajaran hard drive yang khusus untuk penggunaan NAS (network attached storage). Targetnya adalah mereka yang butuh storage besar dan kehandalan tinggi di lingkungan RAID, tapi tidak terlalu mengutamakan kinerja. Dengan kata lain Red menyasar pasar SOHO dan SMB (small medium business).

Loh, memangnya enterprise tidak perlu yang seperti itu? Perlu kan? Nah untuk enterprise, dihadirkanlah seri Se yang membidik storage yang sangat besar (bulk): NAS high-end dan arsitektur “scale-out” (storage yang bertambah sejalan dengan waktu). Ada tiga kapasitas yang ditawarkan: 2, 3 dan 4 TB.  Seri Se  yang skalabel ini sekaligus melengkapi jajaran enterprise WD. Sebelumnya WD punya Re (dengan penekanan ketahanan/durable), dan Xe (yang mengutamakan kinerja).

Se mendukung antara lain TLER (time-limited error recovery) untuk mencegah kegagalan drive akibat pemulihan kesalahan hard drive; StableTrac yang mengunci kedua ujung poros motor untuk mengurangi getaran dan menstabilkan piringan; teknologi RAFF (rotary acceleration feed forward) untuk memantau drive dan memperbaiki rotasi linear dan rotasi secara real time; dan fitur-fitur kelas- enterprise lain.

“Pemanfaatan WD dalam jumlah besar manufaktur dan data teknik telah memaksa kita – seperti banyak perusahaan lainnya – untuk menggunakan metode map-reduce untuk secara efektif menganalisis data kami. Hard drive WD Se digunakan dalam datacenter besar kami sendiri, dimana kita telah mendapatkan pengalaman real-world dengan Apache Hadoop,”  kata Richard E. Rutledge (Senior Vice President Datacenter Storage Business Unit WD).

Kendati sejatinya ditujukan pada enterprise, Se juga boleh dipertimbangkan kamu yang memiliki NAS yang mampu menampung empat atau lebih drive. Bagi yang tertarik, hard drive WD Se dibandrol US$ 170 (2TB)  – US$ 325 (4TB). Produk ini dilindungi garansi terbatas lima tahun.

Tanggapan Kamu

komentar