Kenalkan, iRobot Ava 500 dari Cisco

irobotORLANDO, KAMIS – Tahu robot dong. Nah Cisco juga punya robot, hasil kerjasamanya dengan perusahaan bernama InfoComm pada 10 Juni 2013.

Robot kelas enterprise ini tidak berkepala layaknya sebuah robot, tapi memamerkan layar komputer yang bisa menampilkan wajah orang. Di bagian atas layar iRobot Ava 500 bertengger sebuah webcam. Video akan ditayangkan disini, menggantikan keberadaan fisik orang.

Sang robot memang ditujukan menggantikan keberadaan orang. Ia bisa dipakai untuk training di pabrik atau rapat melalui tayangan video.Bisa menyatukan organisasi, mengurangi polusi karbon dan membagikan pengetahuan. Saat ini Ava 500 tersebut sudah jalan-jalan di rumah sakit. Begitu jelas jubir iRobot.

Dengan si robot, seorang pekerja remote yang duduk di depan sistem kolaborasi video berbasis standar bisa berjumpa dengan rekan-rekannya yang berada di kantor, atau mengikuti tur pabrik melalui layar. Jadi pekerja di New York misalnya, bisa rapat dengan rekan kerjanya yang berada di Paris, Hongkong atau San Francisco seakan-akan semuanya berada di satu ruang yang sama.

irobot blkg

Bagian belakang iRobot Ava 500

Layaknya robot, iRobot AVA500 ini bisa jalan. Tapi ia meluncur, bukan melangkah. Badan depannya mengandung sejumlah sensor yang akan bertugas memetakan lingkungan sekitarnya. Sensor yang bak mata ni bisa bergerak bebas. Berkat sensor uang mendeteksi objek itulah sang robot tidak akan pernah menabrak orang atau benda di depannya.

Robot ini otonomi loh. Maksudnya ia tidak harus dituntun atau dibawa orang ke tempat kerjanya. Cukup kasih tahu saja dan sang robot akan meluncur sendiri ke lokasi dan pulang ke tempat asalnya sendiri. Dimotori baterai, iRobot Ava 500 sanggup bekerja 6 – 9 jam sebelum baterainya harus diisi ulang. Tapi tak perlu mengantarnya ke tempat pengisian daya baterai. Ava 500 otomatis akan mencari docking station-nya sendiri dan menempelkannya dirinya untuk disegarkan daya baterainya. Keren ya?

Mau tahu cara kerja Ava 500? Pertama, robot (bagian atas) menggunakan endpoint video personal Cisco Telepresence EX60, Sejatinya ia adalah solusi desktop. Pemasangan layar HD 21,5″ di atas platform robot mobile ini, solusi ini memperluas kemampuannya tidak hanya sebatas lingkungan tetap. Ia bisa bergerak, mengetahui lokasinya dan menjadi perpanjangan pengguna remote yang jaraknya ribua mil.

Ava 500 dikendalikan dan diatur oleh remote user melalui antarmuka iPad. Pengguna menentukan lokasinya dengan men-tap lokasi di peta atau memilih ruang atau nama pekerja. Robot yang tersedia kemudian akan diaktifkan untuk mengajak si pengguna ke mana pun ia mau pergi. Pengguna bisa memilih apakah mau pergi dari charging station ke lokasi yang sudah ditentukan dalam moda privat (layar kosong) atau dalam moda publik (wajah pengguna ditampilkan). Jika memilih moda publik, pengguna bisa melihat dan dilihat, bahkan berhenti untuk bercakap-cakap secara ad-hoc dengan rekan. Saat sesi berakhir, Ava 500 akan otomatis kembali ke charging station.

iRobot Ava 500 saat ini sedang dicarikan pasarnya. Karena itu harganya belum tersedia.

Tanggapan Kamu

komentar