Aplikasi Launcher ‘AutoHotkey’

Memanggil Program Lebih Cepat dengan Keyboard

Beragam metode dapat digunakan untuk memanggil sebuah aplikasi, di antaranya dengan shortcut standar maupun dengan aplikasi khusus launcher. Metode lain yang barangkali dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan tombol kombinasi pada keyboard. Nah, salah satu aplikasi yang dapat memanipulasi tombol kombinasi keyboard sebagai shortcut adalah AutoHotkey.

d4-434-AutoHotkey_notepadSejatinya, aplikasi ini digunakan untuk memanipulasi penggunaan kombinasi tombol Windows dan tombol karakter tertentu pada keyboard. Misalnya, tombol Windows + tombol E yang semula digunakan untuk memanggil Windows Explorer, dapat kemudian dimodofikasi untuk melakukan hal lain.

Penggunaan aplikasi ini mirip dengan aktivitas pemrograman, di mana kode dapat dituliskan melalui Notepad atau text creator sejenis lalu disimpan dengan ekstensi yang dapat dikenali oleh AutoHotkey yaitu <.ahk>. Setelah kode / script di-compile, ia dapat di-copy ke dalam folder Startup folder pada Windows Start Menu agar script langsung dieksekusi ketika Windows start dan langsung menempati system tray. Kode atau script yang dibuat dapat pula dikonversikan ke bentuk <.exe> agar dapat dieksekusi pada komputer lain yang tidak terinstal AutoHotkey.

Berikut contoh pengoperasian AutoHotkey untuk memanggil aplikasi CorelDraw X4 dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + C:

1. Klik kanan pada desktop atau lokasi lain yang diinginkan. Pilih New – AutoHotkey Script.
2. Berikan nama pada script, misalnya CorelDRW.ahk (jangan lupa ekstensi <.ahk> di belakang nama file).
3. Klik kanan pada CorelDRW.ahk lalu pilih Edit Script. Secara baku script akan terbuka di Notepad. Tuliskan perintah berikut lalu save: #C:: Run C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X4\Programs\CorelDRW.exe
4. Tutup Notepad lalu klik kanan pada Corel-DRW.ahk dan pilih Compile Script. Setelah ini akan muncul satu script terkompilasi yang siap dieksekusi. Dobel klik saja file ini, lalu AutoHotkey akan aktif di system tray. Lalu tekan tombol Windows + C. Jika komputer kamu terinstal CorelDraw X4 pada path di atas, maka seketika itu juga aplikasi akan dijalankan.

 

Informasi

Situs http://www.autohotkey.com/
Ukuran File 2,5 MB
Lisensi Gratis
Harga
Kebutuhan Sistem Win XP/Win 7

 

 

Naskah: Dayu Akbar [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar