Smartphone Lenovo ideaphone S720: Shocking Pink yang Lantang

Pertama kali membuka kemasan Lenovo ideaphone S720, PCplus terdiam sejenak. Warnanya itu loh, bikin kaget. Pink menyala, alias shocking pink! Warna pink yang menarik perhatian itu membalut seluruh bagian belakang dan pinggiran layar. Badan smartphone dengan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich (ICS) ini mulus saat dipegang. Tak ada sudut tajam. Ia tipis (10,2mm) sehingga enak dimasukkan ke dalam dompet.

u3-434-LenovoLenovo menggunakan panel IPS 4,5˝ dengan resolusi 960×540 qHD. Tampilan layarnya bisa terlihat baik — jernih dan cukup alamiah — dari berbagai sudut kemiringan. UInya menarik, khas anak muda. Layarnya pun responsif.

Fitur yang paling PCplus sukai adalah fitur FM Radio. Tinggal tap app-nya di layar dan siaran radio FM akan terdengar. Tak perlu tancapkan headphone! Seperti warna badannya, suaranya berani alias lantang. Maklum ia dibekali teknologi Dolby Digital Plus yang mampu membuat suara (khususnya untuk lagu) terdengar lebih mantap. Enaknya lagi, siaran radio yang sedang terdengar itu dapat langsung direkam. Cukup tap ikon bulat berwarna merah di bagian atas, dan siaran radio yang sedang berlangsung langsung direkam.

Yang juga PCplus suka adalah fitur kamera. Lenovo memberikan dua kamera: depan (1 megapiksel) dan belakang (8 megapiksel, dengan flash). Peralihan dari kamera belakang ke depan (dan sebaliknya) mudah sekali dilakukan. Cukup tap ikon Magic Camera, dan otomatis kamera depan diaktifkan. Kameranya bisa dipakai memotret burst sampai 100 frame! Hasil bidikannya menampilkan warna yang kuat. Hasil bidikan boleh disimpan di memori internal atau ke kartu microSD (harus dibeli sendiri).

Untuk fitur kamera, banyak yang bisa diatur, mirip di kamera digital saku. Scene misalnya, boleh dipilih antara Auto, Night, Portrait, dan Landscape. Live Effect pun tersedia. Selain itu tersedia pengaturan untuk exposure, contrast, saturation, white balance, AE meter, ukuran gambar, anti flicker, self timer, dan auto enhance. Lenovo juga menyertakan pilihan efek warna (Mono, Sepia, Negative, Sepia Blue). Agar hasil bidikan wajah manusia tampil lebih menarik, disediakan efek warp (Professional, Wide Smile, Big Face, Square, Gobbler, Insect, Long Face, Big Nose), lengkap dengan frame.

Yang juga bermanfaat adalah app default Kingsoft Office. Dalam pilihannya, tersedia dokumen Word, Memo, Spreadsheet dan Presentation. Nyaman digunakan karena layar sentuhnya responsif. Sebelum mengetik, pilih dulu bahasa Indonesia. Jika tidak, hasil input bisa kacau karena diubah oleh Lenovo ideaphone S720. Eh iya, Lenovo menyertakan tiga layanan awan yang bisa diakses: Dropbox, Google Drive, dan BOX.NET. Dokumen juga boleh di-share sebagai email, messaging atau Evernote.

Lenovo ideaphone S720 tampil berani dalam warna dan suara. App bawaannya kaya. Smartphone ini enak dipakai main game (Lenovo membundelkan game Fishing Joy dan Diamond Wonder). Untuk mendukung kerja di jalan pun cukup nyaman. Warnanya yang shocking pink itu bisa menjadi nilai plus bagi mereka yang suka perhatian. Namun, jika kamu mau yang kalem, tersedia warna putih.
(wiek)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 2865
Linpack Android
Single Thread 40,59 MFLOPS
Multi Thread 61,73 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 2186
Games 2806
NenaMark2.4
Skor 23,9 fps

 

Dalam kemasannya, selain user manual dan kartu garansi,  Lenovo menyertakan earphone, kabel Micro-USBto- USB, dan wall charger.

Dalam kemasannya, selain user manual dan kartu garansi,
Lenovo menyertakan earphone, kabel Micro-USBto- USB, dan wall charger.

 

Hanya ada tiga soft button  di panel bawah.

Hanya ada tiga soft button
di panel bawah.

 

Spesifikasi

Prosesor MediaTek MT6577 1,2GHz (dual core)
Memori Utama 512MB
Media Simpan Internal 4GB
Jaringan Selular Dual GSM 850/900/1800/1900MHz & HSDPA 2100MHz
Wireless 802.11/b/g/n, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera Belakang 8 megapiksel, depan 1 megapiksel
Koneksi Lain Micro-USB, microSD (maks 32GB), 3,5mm (audio)
Layar IPS 4,5˝ 540 x 960 piksel
Sistem Operasi Android versi 4.0.4
Dimensi 13,24 x 6,85 x 1,02 cm
Bobot 146gr
Situs http://www.lenovo.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 2.499.000,-

*Global Teleshop (021) 29035321

 

+ Radio FM tidak perlu headphone, suara kuat, desain tipis, warna berani, dual SIM card.

Otofokus agak lambat, hanya SIM card 1 yang bisa HSDPA, memori utama 512MB, tak dukung video 1080p.

 

Rating  7,9

 

Foto :  Alphons Mardjono

Tanggapan Kamu

komentar