Smartphone LG Nexus 4

Generasi Keempat yang Lebih Hebat

Pada setiap peluncurannya, smartphone ala Google atau biasa lebih dikenal dengan nama Nexus, selalu mencuri perhatian. Ini karena biasanya Nexus menjadi standar baru, baik secara hardware maupun software untuk kemudian diikuti produsen smartphone lainnya. Hal ini juga yang membawa Nexus 4 menjadi salah satu perangkat yang menarik dan ditunggu pengguna terutama penggemar Android “polos”.

u2-434-LG-Nexus4Secara desain, Nexus 4 buatan LG ini memiliki dimensi yang tidak banyak berbeda dengan Galaxy Nexus sebelumnya. Yang membedakan adalah sekarang desain kurva yang tampil pada dua seri Nexus sebelumnya kini absen. Menariknya, badan bagian belakang dirancang berdesain kaca beserta dengan aksen  hologram yang tampak cantik ketika terkena cahaya. Namun, meskipun bagian ini dilindungi Gorilla Glass, patut mendapat perhatian agar tidak tergores yang bisa mengurangi keindahannya.

Bagian muka dilengkapi layar 4,7˝ beresolusi 768 x 1280 dan tanpa dilengkapi tombol apapun di bawahnya. Semua tombol navigasi seperti Home, Back, menjadi bagian dari sistem operasi. Layar bejenis IPS ini kualitasnya baik dengan kontras dan saturasi warna yang seimbang. Penggunaan di bawah terik matahari pun tidak menyulitkan. PCplus juga menyukainya karena sudut pandangnya terbilang luas dengan tampilan yang tidak banyak berubah pada sudut ekstrim sekalipun.

Dapur pacu Nexus 4 disebut-sebut Google merupakan yang tercepat saat diluncurkan dan memang masih menjadi salah satu yang tercepat saat ini. SoC Snapdragon S4 Pro “Krait” quad core yang dilengkapi dengan GPU Adreno 320 membuat smartphone yang menjalankan Android Jelly Bean (ketika artikel ini dibuat sudah mendapatkan update ke versi 4.2.2), berjalan sangat mulus. Tak lupa kapasitas memori utama 2GB yang terbilang lega untuk multi tasking.

Soal fotografi, kamera 8 megapiksel yang tersedia menghasilkan gambar yang cukup tajam dengan warna yang vivid dan noise yang cukup minimal. Yang baru adalah dari sisi software. Sejak versi 4.2 pertama kali diperkenalkan fitur Photo Sphere. Fitur ini menangkap objek sekitar pada setiap sudut pandang, mirip panorama namun lebih luas lagi karena bisa sampai 360 derajat. Hasilnya adalah sebuah foto yang bisa dinavigasikan setiap sudut pandangnya, membuat kamu merasa berada di tempat foto tersebut diambil.

Buat kamu pecinta Android “polosan”, Google Nexus memang merupakan perangkat yang tepat, dan Nexus 4 siap memuaskan dengan versi Android paling baru serta spesifikasi mumpuni.
(kar)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 4935
Linpack Android
Single Thread 77,84 MFLOPS
Multi Thread 224,3 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 3284
Games 3343
NenaMark2.4
Skor 58,7 fps

 

Selain memiliki resolusi 8 megapiksel,  kamera ini menghasilkan gambar yang kualitasnya cukup baik.

Selain memiliki resolusi 8 megapiksel,
kamera ini menghasilkan gambar yang kualitasnya cukup baik.

 

Karena desain unibody,  slot SIM card diletakkan di sisi samping smartphone.

Karena desain unibody,
slot SIM card diletakkan di sisi samping smartphone.

 

Spesifikasi

Prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 1,5GHz (quad core)
Memori Utama 2GB
Kartu Grafis Adreno 320
Media Simpan Internal 16GB (14,4GB tersedia)
Wireless HSPA+, 802.11a/b/g/n, Bluetooth 4.0, GLONASS, NFC
Kamera Belakang 8 megapiksel, depan 1,3 megapiksel
Lain-lain Gorilla Glass 2, DLNA, Wi-Fi Direct, HDMI Out (via SensePort)
Layar True HD IPS Plus 4,7˝ 768 x 1280 piksel
Sistem Operasi Android versi 4.2.2
Bobot 139gr
Situs http://www.google.com/nexus/4
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 5.499.000,-

*Erafone (021) 6514355

 

+ Kinerja tinggi, layar dan kamera bagus, desain badan menarik, sistem operasi selalu up to date.

SIM card ala micro, tidak ada slot microSD.

 

Rating  8,1

 

Foto : Karuna

Tanggapan Kamu

komentar