Tablet Acer Iconia B1-A71

Tawaran Terjangkau

Acer boleh jadi sukses besar di pangsa laptop berkat kelengkapan variasi produk dari level bawah yang ekonomis sampai kelas atas yang harganya tinggi. Sayangnya, ini tidak (belum) terjadi pada segmen tablet yang serinya masih terbilang sedikit, dan jikapun ada lebih terfokus pada pasar menengah atas (seri Iconia A dan W). Untuk itulah Acer mulai memperluas variasi tabletnya dengan menggarap lahan value yang kebanyakan dimainkan oleh produk “non branded”.

u4-434-AcerIconia B1-A71 menjadi tablet debutan Acer untuk level “pemula” yang bisanya dicari konsumen untuk kebutuhan internet dan multimedia ringan. Pangsa pasar tablet value macam ini sangat besar di Indonesia, karenanya peluncuran tablet 7˝ ini sendiri sengaja didahulukan di negara kita ini. Dengan harga nyaris Rp. 1,6 juta, Acer Iconia B1-A71 jelas jauh lebih terjangkau dibandingkan Acer model Iconia W510 atau W700 yang sudah diperkenalkan tahun lalu dengan kisaran harganya masih sekitar Rp. 5 sampai 8 jutaan.

Lau apa yang ditawarkan Acer Iconia B1-A71 dengan harga seperti ini? Tampak luar dengan lis biru membuat tablet ini terlihat dalam 2 tone warna yang tak membosankan. Casingnya memakai kombinasi plastik dan metal yang sepintas terkesan murahan, namun ternyata juga enak digenggam. Layar beresolusi 600×1024 piksel memanfaatkan panel TN (Twisted Nematic) yang ekonomis yang sayangnya berefek pada sudut pandang yang rendah. Kenyamanan hanya diperoleh sampai sudut 70°. Kerapatan pixel yang rendah (170ppi) juga membuat tampilan icon kurang kontras.

Seperti juga kebanyakan tablet kelas value, Acer Iconia B1-A71 ditenagai prosesor MediaTek yang terkenal ekonomis. Di sini disebutkan SoC dual core MT8317T (produksi 40nm) “berkekuatan” 1,2GHz yang sebenarnya pengembangan dari chip MT6517. Cukup lumayan, namun terasa timpang manakala memori utama yang diusungnya hanya 512MB. Untuk aplikasi office dan internet mungkin masih lega, namun akan mulai sesak pada game 3D yang boros memori utama.

Beberapa fitur pelengkap di tablet berbobot sekitar 320 gram ini terkesan standar seperti ketersediaan modul GPS (minus A-GPS), speaker mono berdaya 1 watt, sampai Bluetooth. Untung saja, Bluetoothnya ini Bluetooth 4.0 yang lebih irit daya. Oh ya, terjangkaunya harga tablet rupanya berakibat pada jumlah sensor yang begitu minim: hanya 2 sensor utama dan sensor magnetik tidak disertakan. Sudah pasti aplikasi kompas atau NFC tak bisa aktif di sini.

Meskipun dengan fasilitas terbatas, namun Acer Iconia B1-A71 masih lumayan untuk penggunaan multimedia ringan dan interent via Wi-Fi. Apalagi garansi yang diberikan terbilang panjang.
(dap)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 3091
Linpack Android
Single Thread 39,35 MFLOPS
Multi Thread 65,4 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 2507
Games 1282
NenaMark2.4
Skor 20,6 fps

 

Sebuah slot untuk kartu microSD. Di sebelahnya disiapkan untuk modul kartu SIM, namun karena ditujukan hanya untuk koneksi Wi-Fi, slot tersebut jelas ditiadakan.

Sebuah slot untuk kartu microSD.
Di sebelahnya disiapkan untuk modul kartu SIM, namun karena ditujukan hanya untuk koneksi Wi-Fi, slot tersebut jelas ditiadakan.

 

Rendahnya kerapatan piksel membuat tampilan grafis terlihat kurang halus. Ini mudah terlihat pada game HD yang biasanya memiliki grafis yang tajam.

Rendahnya kerapatan piksel membuat
tampilan grafis terlihat kurang halus. Ini mudah terlihat pada game HD yang biasanya memiliki grafis yang tajam.

 

Spesifikasi

Prosesor MediaTek MT8317T 1,2GHz (Cortex A9)
Memori Utama 512MB
Kartu Grafis PowerVR SGX531
Media Simpan Internal 8GB NAND Flash
Jaringan Selular
Wireless 802.11b/g/n, Bluetooth, GPS
Kamera Depan 0,3 megapiksel
Koneksi Lain Lain Micro-USB, microSD
Layar 7˝ 600×1024 piksel capacitive touchscreen
Dimensi 19,7 x 12,9 x 1,1 cm
Bobot 315gr
Situs http://www.acer.co.id
Garansi 3 Tahun
Harga* Rp. 1.599.000,-

*Paziashop (021) 62311511

 

+ Bobot ringan, kinerja lumayan, sistem up to date (Jelly Bean), harga cukup terjangkau, lokasi purna jual.

Memori utama cuma 512MB, tanpa 3G dan kamera belakang, kerapatan piksel rendah, sensor minim.

 

Rating   7,7

 

Foto : dok. Acer

Tanggapan Kamu

komentar