Tablet Ainol Novo 9 Spark

ainol-web

Tidak banyak produsen tablet Android yang merilis produk berukuran 9 inci. Selain tidak umum, ukuran 9 inci dianggap ukuran tanggung jika dibanding produk 10 inci.

Tapi, Ainol nampaknya berani tampil beda dengan menelurkan Ainol Novo 9, sebuah tablet berbasis Android Jelly Bean (4.1) dengan ukuran 9 inci. Segudang fitur dan fasilitas disematkan produsen asal negeri tirai bambu ini untuk membuat Ainol Novo 9 bisa meladeni beragam kebutuhan, sebut saja seperti gaming, multimedia / hiburan, atau bahkan kerja.

Satu yang membuatnya tampak menarik adalah kemasan pembungkus produk. Memang sih, saat PCplus terima kebanyakan informasi di bungkusnya itu menggunakan aksara cina, tapi setidaknya model pembungkus ini berani keluar dari pakem “meniru iPad” yang banyak dilakukan produsen lain.

Desain

Ah, tapi desain bungkus yang sudah keren itu ternyata tidak diikuti oleh desain badan perangkat. Maksud kami begini, Ainol masih kental mengadopsi desain ala iPad yang dominan menggunakan warna putih di depan dan aksen metal di bagian belakang. Sebenarnya Ainol tidak sendiri karena banyak juga yang membuat desain serupa, minimalis tapi tetap terlihat elegan.

ainol-web2Kamu tidak akan melihat banyak tombol di bagian depan kecuali lubang kamera di bagian atas (saat perangkat diposisikan vertikal). Tombol Ainol yang berjumlah tiga itu ditampatkan di pinggir badan perangkat, masing-masing tombol ini berfungsi sebagai pengatur suara, daya dan pintasan untuk kembali ke home screen Android.

Fitur

Lantas, apa yang istimewa dari Ainol Novo 9? Pertama fasilitas yang dikandungnya. Tablet dengan prosesor 4 inti (quad core) ini menyediakan konektor fisik yang lengkap, seperti micro USB, mini HDMI, dan jack earphone 3,5 inci. Kameranya dua, di belakang beresolusi 5 megapiksel dengan kemampuan otofokus, sementara kamera depannya punya resolusi 2 megapiksel.
Seperti produk Ainol lain, layar milik Novo 9 Spark juga sudah berteknologi IPS (In Plane Switching). Dengan teknologi ini Ainol bisa menampilkan warna cerah dengan gambar tajam, apalagi resolusi layarnya mencapai 2048×1536 piksel, atau setara dengan Retina Display milik Apple. Lapisan kapasitifnya bisa merespon sampai 5 sentuhan jari dan cukup responsif, termasuk saat kamu memakai lapisan pelindung layar (anti gores).

Tidak ada koneksi 3G di perangkat ini, sehingga kamu harus mengandalkan WIFI untuk koneksi internet. Tapi, Ainol menyebut bahwa koneksi menggunakan modem 3G eksternal dengan bantuan kabel USB On The Go (OTG) sangat dimungkinkan, selama merek dan seri modemnya didukung.

Kinerja

PCplus selalu penasaran dengan kehebatan prosesor 4 inti di perangkat Android, terutama yang beharga ekonomis. Kebetulan Ainol Novo 9 Spark mengadopsi prosesor buatan Allwinner, dan chip grafis PowerVR SGX544MP. Memori sistemnya 2 GB DDR3, terbilang besar untuk tablet Android. Kemungkinan memori lega ini untuk membantu kerja prosesor di perangkat dengan resolusi layar setinggi ini.

Oke, kalau menurut grafik yang dirilis aplikasi Quadrant, hasil uji Ainol Novo 9 Spark berada di atas Galaxy Tab 10.1, tapi masih jauh di bawah Asus Transformer TF201. Aplikasi penguji grafis, NenaMark, pun memberikan hasil yang cukup baik, sekitar 4,1 FPS untuk Novo 9 Spark.

Tapi, kami tidak terlalu suka jika cuma mengacu pada hasil pengujian menggunakan aplikasi, pengalaman asli tentu cuma bisa dirasakan dengan memainkan game sesungguhnya di perangkat ini. Ada tiga game yang PCplus coba, Asphalt 7 Heat, Subway Surfer, dan Fast & Furious 6. Di game Asphalt 7, grafis berjalan cukup lancar, dengan beberapa kali lag ketika melakukan drifting dan turbo. Sementara game Subway Surfer (Jepang) hampir tidak mengalami lag, begitupun dengan Fast & Furious 6 yang berjalan lancar tanpa kendala. Jika mampu menjalankan game-game ini, seharusnya Ainol Novo 6 tidak akan mengalami masalah jika bertemu game lain yang boros sumberdaya.

Kesimpulan

Dari hasil coba-coba sekitar seminggu penuh, PCplus berkesimpulan bahwa perangkat Ainol ini cocok untuk beragam kebutuhan termasuk bermain game atau memutar file multimedia. Apalagi tersedia port mini HDMI yang bisa kamu sambungkan ke layar eksternal. Desain dan tampilannya pun tidak terlampau mengecewakan, kecuali bobotnya yang agak berat dan kualitas speaker yang pas-pasan. Novo 9 Spark yang PCplus coba ini juga tidak mendukung charger lewat micro USB, sehingga kamu harus siap dengan adapter 5 volt khusus yang model colokannya mirip milik handset Nokia lawas.

Tapi di luar itu semua, tablet ini patut dipertimbangkan terutama buat kamu yang punya budget ketat tapi butuh perangkat yang serba bisa.

Hasil Uji

Smartbench 2012 – Productivity 2263
Smartbench 2012 – Games 1382
Quadrant Standard 2.1 3063
Linpack Pro – Single Thread 30.418 MFLOPS
–          Multi Thread 87.483 MFLOPS
Nena Mark V2.4 42.1 FPS
AnTuTu Benchmark v2.9.1 10489

 *Skor makin tinggi makin bagus

Plus: Resolusi layar, desain, HDMI, kinerja
Minus: Agak berat, kualitas speaker & kamera
Rating PCplus: 7,8

Harga (kisaran)*:  Rp. 2.499.000

* JakartaNotebook (021-5698 5511)
* Minggu Pertama Juni 2013

ainol-web3

Di bagian bawah disediakan konektor mini HDMI, micro USB, power/charger dan jack audio 3,5 inci

Kamera belakang ini memiliki resolusi maksimum 5 megapiksel. Sayang tidak dilengkapi lampu flash tambahan

Kamera belakang ini memiliki resolusi maksimum 5 megapiksel. Sayang tidak dilengkapi lampu flash tambahan

Tombol power dan beranda (home) bisa diakses dari sisi kiri badan Ainol

Tombol pengatur volume dan beranda (home) bisa diakses dari sisi kanan badan Ainol

Spesifikasi

  • Prosesor: A31 Quad-Core 1,5GHz
  • RAM: 2GB
  • Chip Grafis: PowerVR SGX544MP
  • Jaringan Seluler: (eksternal modem)
  • Penyimpan Internal: 16GB ROM
  • Dukungan Nirkabel: WIFI (802.11b/g/n)
  • Koneksi Lain: Micro USB
  • Kamera: 2MP (depan), 5 MP (belakang)
  • Layar: 9,7” 2048*1536 piksel, kapasitif
  • Bobot / Dimensi: 600 gram / 24,5 x 19 * 9,8 cm
  • Baterai: Li-Ion 10000mAh
  • Sistem Operasi: Android Jelly Bean (4.1)
  • Situs Web: www.ainol-novo.com
  • Garansi: 1 tahun

Tanggapan Kamu

komentar