Tablet Axioo Picopad 8 3G

Seorang kawan pernah bingung dengan ketidakpuasan ayahnya pada tablet yang baru didapatnya dari kantor. Menurut si ayah kawan tersebut, tablet ukuran 7˝ memang enak dipegang tangan dan dibawa bepergian, namun mungkin karena sudah agak tua, sang ayah mengeluh tentang tampilan layar yang masih sedikit kurang besar. Wajar, mata ayahnya sudah tak setajam saat muda. Intinya jelas, sang ayah ini tentu lebih suka dengan layar yang lebih lega.

u5-434-AxiooAxioo bisa jadi salah satu pemain lokal yang tak tanggung-tanggung merilis variasi tabletnya ke pasar tanah air. Saat ini mereka menyediakan ukuran 5˝, 6˝, 7˝, 8˝, dan 10˝. Maksudnya tentu saja untuk memberikan pilihan yang luas bagi konsumen yang seringkali kurang “sreg” sedikit dengan ukuran layarnya lantas batal membeli. Inilah sebabnya Picopad 8 3G hadir melengkapi jajaran tablet Axioo.

Meski hadir dengan layar 1˝ lebih besar, namun Axioo Picopad 8 3G (model GHM) ternyata mengusung spesifikasi yang serupa dengan seri 7˝ sebelumnya. Dengan bermodalkan prosesor Boxchip A10 1,2GHz (single core) tentunya kinerja tablet ini jadi “terlalu” biasa. Idealnya, makin besar layar maka prosesor harus lebih baik. Tampaknya Axioo hanya ingin menyajikan pilihan dalam dimensi layar yang lebih lega saja daripada pertimbangan soal kecepatan.

Fasilitas di tablet berbobot 462 gram ini (112 gram lebih berat dari model 7˝) juga sama dengan kembarannya kecuali pada daya baterai yang lebih besar (4000mAh). Namun, bagi  mereka yang agak alergi dengan layar gepeng rasio 16:9 akan suka dengan perbandingan layar di tablet yang 4:3 dengan 1024×768 piksel. Selanjutnya tidak ada perbedaan signifikan di tablet yang lebih mahal Rp. 300 ribu ini dibandingkan model 7˝-nya.

Sekali lagi PCplus tidak menemui konfigurasi khas yang dilakukan vendor agar tabletnya terlihat spesial. Sistem Android 4.0 bawaan terlihat standar saja (tidak dikustomisasi), tapi tidak masalah bila kamu sudah biasa utak-atik tablet bukan? Oh ya, untuk tampilan video tetap bisa disalurkan ke LCD TV lewat jalur HDMI yang tersedia. Sayangnya, tidak disediakan kabel HDMI.

Dari sisi penampilan secara fisik, paduan warna hitam dan putih bak ikan paus menjadikan tablet dari Axioo ini terlihat tak membosankan. Sayang, material plastiknya terkesan murah.

Meskipun tidak memunculkan sesuatu yang baru, namun Axioo Picopad 8 3G akan disuka mereka yang butuh layar sedikit lebih lega dari model 7˝. Mungkin kinerjanya kurang prima, namun untuk mereka yang perlu fitur telepon dan SMS serta layar cukup lega semestinya tablet ini sudah cukup menarik.
(nic)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 2249
Linpack Android
Single Thread 14,87 MFLOPS
Multi Thread 14,95 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 504
Games 1552
NenaMark2.4
Skor 21,7 fps

 

Posisi kamera yang memojok sebenarnya menyulitkan untuk memotret diri sendiri dibandingkan bila kamera diposisikan di bagian tengah.

Posisi kamera yang memojok sebenarnya
menyulitkan untuk memotret diri sendiri dibandingkan bila kamera diposisikan di bagian tengah.

 

Persis bersebelahan dengan slot microSD/Transflash terdapat lubang reset untuk memulihkan kondisi tablet ke konfigurasi awal jika sistem bermasalah.

Persis bersebelahan dengan slot microSD/Transflash
terdapat lubang reset untuk memulihkan kondisi tablet ke konfigurasi awal jika sistem bermasalah.

 

Spesifikasi

Prosesor Boxchip A10 1,2GHz (ARM Cortex A8)
Memori Utama 1GB
Kartu Grafis Mali-400MP
Media Simpan Internal 8GB NAND Flash
Jaringan Selular GSM 850/900/1800/1900 & HSDPA (3G)
Wireless 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera Depan 0,3 megapiksel, belakang 2 megapiksel
Koneksi Lain Micro-USB, microSD, mini-HDMI
Layar 8˝ 768×1024 piksel capacitive touchscreen
Dimensi 20,1 x 15,6 x 1,2 cm
Bobot 466gr
Situs http://www.axiooworld.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 1.899.000,-

*Terra Data Indonesia (021) 6905679

 

+ Layar lebih besar, bisa telepon dan SMS, harga cukup terjangkau, lokasi purna jual.

Kinerja lamban, sensor minim, aksesoris sedikit.

 

Rating   7,7

 

Foto :  dok. Axioo

Tanggapan Kamu

komentar