Berhemat Daya di Windows 8

Masalah pengelolaan daya menjadi isu yang sensitif bagi mereka yang mobile. Di Windows 8, pengelolaan daya diperbaiki sedemikian rupa demi mengoptimalkan penggunaan daya. Panel kontrol Windows menyediakan tiga power plan yang akan membantu untuk mengatur penggunaan daya pada sistem.

Ketiga power plan yang dimaksudkan di atas adalah opsi: Balanced, Power saver, dan High performance. Pada plan Balanced, sistem operasi secara otomatis akan menyeimbangkan antara konsumsi energi dengan performa sistem.

Opsi yang kedua, Power saver, akan mengusahakan semaksimal mungkin agar penggunaan battery mencapai tingkat optimal. Langkah ini tentu saja akan mengurangi performa sistem dengan signifikan. Tapi, dampak positifnya, “umur” battery akan menjadi lebih panjang.

Pilihan yang terakhir, High performance, cenderung lebih berpihak pada performa sistem secara keseluruhan. Alhasil, pengunaan battery juga akan menjadi boros. Apabila kamu merasa kurang nyaman dengan tiga opsi yang tersedia, kamu dapat membuat sendiri power plan baru yang sesuai dengan kebutuhan. Cara melakukannya:

t4-434-win8-gb1

 

1. Buka layar Start, ketik Change battery settings, pilih Settings lalu klik ikonnya di sebelah kiri untuk membuka jendela Power Options.

 

 

t4-434-win8-gb2

 

2. Saat jendela Power Options terbuka, kamu akan melihat power plan standar yang telah dibuat oleh Windows: Power saver, Balanced, dan High performance. Untuk membuat power plan baru, klik menu “Create a power plan”.

 

t4-434-win8-gb3

 

3. Berikan nama baru untuk Power Plan Anda pada kolom Plan name. Setelah itu klik “Next”.

 

 


t4-434-win8-gb44.
Di jendela berikutnya kamu akan diberikan pilihan untuk mengatur seting komputer saat laptop menggunakan daya dari battery ataupun saat mendapatkan daya dari jaringan PLN. Aturlah waktu idle yang kamu inginkan pada combo box yang tersedia. Sementara untuk penghematan daya, kamu dapat mengatur tingkat brightness layar dengan menggeser slider yang tersedia.

5. Apabila semua seting telah Anda lakukan, klik tombol “Create”.

6. Sesaat kemudian kamu akan melihat power plan buatan sendiri pada daftar Power Options.

7. Klik Power Plan tersebut untuk mengaktifkannya di komputer kamu.

 

Atur Dim

Dulu, kalau kita tidak menggunakan notebook dalam waktu yang agak lama, layar akan langsung menjadi gelap. Selama rentang waktu tersebut terjadi pemborosan daya. Kondisi ini sedikit berbeda dengan t4-434-win8-gb5notebook dengan OS Windows 8. Layar notebook bisa otomatis meredup dulu sebelum benar-benar gelap, saat ditinggal.

Setingnya bisa kamu temukan di layar Start, lalu ketik Power Options. Klik tombol Settings, lalu klik ikon Power Options hingga terbuka jendela seperti Gambar 2. Klik “Change plan settings” pada plan yang aktif, lalu pilih “Change advanced power settings”.

Di bagian Display, ada opsi Display brightness untuk mengatur brightness normal, Dimmed display t4-434-win8-gb6brightness untuk mengatur brightness saat redup, serta ada seting jeda waktunya dari posisi terang ke redup (Dim display after) dan dari posisi redup hingga gelap (Turn Off Display After).

Tiap-tiap seting terbagi menjadi dua: On battery dan Plugged in, yang membuat kamu bisa mengatur seting yang berbeda bila bekerja dengan batere atau dengan listrik. Berikan angka yang lebih kecil pada opsi Battery agar kamu bisa menghemat battery. Klik OK untuk menyimpan perubahan seting.

 

 

Naskah: Steven Andy Pascal [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar