Fungsi Chatting di Blogspot Kamu

Punya blog? Kayaknya nggak cukup buat menarik banyak pengunjung kalau cuma didandani pakai tema yang keren. Bagaimana kalau kita coba menambah fitur di blog kamu supaya yang datang makin betah, syukur-syukur mereka balik lagi.

Salah satu fitur yang bisa ditambahkan untuk memperkaya blog adalah fitur chatting. Ya, bayangkan saja blog kamu memiliki fasilitas chatting seperti yang ada di situs Yahoo atau Google. Selain keren, blog pastinya akan terasa lebih interaktif karena baik pemilik blog dan pengunjung bisa saling sapa dan akhirnya membentuk sebuah komunitas. Kalau sudah begini, blog pasti bisa makin populer.

Ada banyak aplikasi atau plugin chatting yang bisa dipasang di blog. Buka saja Google, lalu ketikkan kata kunci “blog chat room”, “blog chat plugin”, atau “add chat to blog”, kamu akan disajikan aneka aplikasi chatting keren buat blog plus cara memasangnya jika beruntung. Nah, di artikel ini PCplus akan coba menunjukkan bagaimana membuat box chatting di blog menggunakan layanan ChatRoll untuk Blogspot. Tentu saja ini tidak terbatas untuk Blogspot saja karena kamu bisa memasangnya di seluruh engine blog yang tersedia saat ini, termasuk WordPress, Joomla, Drupal, bahkan Fan Page di Facebook.

Ada dua langkah utama yang harus dilakukan sebelum bisa memanfaatkan layanan ini. Pertama mendaftar akun di ChatRoll dan kedua melakukan konfigurasi di laman blog. Berikut langkahnya:

Daftar ChatRoll

t03-435-chat-blog-11

 

1. Tujukan browser kamu ke alamat www.chatroll.com dan klik tombol biru bertuliskan “Sign up Free”. Berikutnya masukkan data-data, atau kalau nggak mau repot pakai saja akun Facebook.

 

t03-435-chat-blog-12

 

2. Berikutnya ChatRoll akan meminta memasukkan judul box chatting. Buat saja sesukamu dan klik “Continue”.

 

 

t03-435-chat-blog-13

 

3. Nah, ini bagian penting. ChatRoll akan menanyakan di mana chat box ini akan ditempatkan sekaligus memberikan informasi cara instalasi dari kode yang diberikan. Pilih sesuai yang kamu punya dan simpan kode HTML yang diberikan.

 

Sampai sini proses pendaftaran ChatRoll selesai. Sekarang lanjut memasukkan kode yang diberikan ke blog kamu. Dalam contoh ini PCplus menggunakan Blogspot.

 

Injeksi Kode ChatRoll

t03-435-chat-blog-21

 

1. Login ke blogspot.com dan masuk ke pengaturan laman blog.

 

 

t03-435-chat-blog-22

 

2. Di pengaturan blog, lihat menu sebelah kiri dan pilih “Tata Letak” atau “Layout”. Nanti di layar paling kanan terdapat deretan gadget, nah tambahkan gadget baru dengan memilih “tambahkan Gadget” atau “Add Gadget”.

 

t03-435-chat-blog-23

 

3. Akan muncul jendela pop up dengan deretan pilihan. Pastikan kamu ada di menu “Dasar” atau “Basic” dan cari gadget “HTML/JavaScript” Klik gadget tersebut.

 

 

t03-435-chat-blog-24

 

4. Salin kode HTML yagn diberikan ChatRoll di langkah 3 tadi, lalu paste-kan ke boks isian dari gadget HTML/Javascript milik Blogspot. Jangan lupa untuk mengklik “Simpan” atau “Save” setelah selesai.

 

 

 

t03-435-chat-blog-25

 

5. Sampai sini blog sudah memiliki chat box. Silahkan periksa dengan mengklik “Pratinjau” atau “Preview” di menu bagian atas laman pengaturan Blogspot.

 

 

t03-435-chat-blog-26

 

6. Kalau kurang puas dengan desain standar yang ada, kamu bisa lho melakukan konfigurasi ulang lewat halaman profil chatroll.com.

 

 

 

Naskah: Brama Setyadi [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar