Thursday, March 28, 2024
TutorialTutorial Software

Tandatangani dan Kirim Dokumen dengan Ponsel

Bisakah kamu meminta seseorang untuk menandatangani sebuah formulir dari jarak jauh tanpa menggunakan kertas?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ya. Rahasianya, pakai layanan HelloSign. Kamu bisa melakukannya melalui web browser, perangkat iDevice (iPhone, iPad, iPod Touch) atau Android. Enak bukan?

Cara kerja layanan HelloSign pun sangat sederhana. Kamu cukup mengunggah file atau gambar yang perlu dibubuhi tandatangan dengan HelloSign, lalu mengirimkannya ke orang yang akan menandatanganinya. Si penerima itu harus login ke HelloSign untuk kemudian memberikan tandatangannya pada form yang diterima. Setelah selesai, ia akan mengirimkan form kembali ke kamu.

Dengan menggunakan perangkat ponsel, kamu dapat memotret dokumen yang perlu diberi tandatangan, lalu mengirimnya langsung dari ponsel kamu. Mudah dan efisien bukan?

Mari kita praktekkan dengan langkah-langkah sederhana berikut.

t10-434-tt-gb011. Pertamatama, bikinlah akun baru kamu di HelloSign. Untuk pendaftaran, kamu dapat melakukannya melalui dua jalur. Jalur pertama langsung melalui situs https://www.hellosign.com. Jalur kedua adalah melalui aplikasi di iOS atau Android. Sebetulnya sama saja, tetapi untuk lebih ringkasnya kamu dapat menggunakan cara kedua. Untuk itu, pasanglah aplikasi hellosign dari iTunes App Store atau Google Play.

Pada halaman pertama dari HelloSign, cukup tap tombol [Sign Up], dan masukkan email serta password kamu.

 

t10-434-tt-gb022. Setelah kamu berhasil mendaftar, HelloSign akan mengirimkan e-mail untuk verifikasi e-mail yang kamu gunakan untuk pendaftaran. Disarankan untuk melakukan verifikasi dari komputer pribadi kamu. Silakan buka e-mail kamu, dan klik tombol [Verify your email address]. Setelah kamu klik tombol tersebut, situs halaman dashboard dari layanan HelloSign milik kamu akan terbuka.

t10-434-tt-gb033. Sekarang akun kamu telah aktif, dan HelloSign siap kamu gunakan. Oleh karena kamu mungkin juga perlu menandatangani dokumen yang dikirim ke kamu, sebaiknya kamu simpan tandatangan kamu dalam bentuk file gambar. Untuk menyimpan tandatangan kamu caranya sederhana kok. Kamu tidak perlu menyiapkan file khusus, cukup klik tombol panah ke bawah di sebelah kanan akun kamu, lalu klik menu [My signatures]. Untuk membubuhkan tandatangan kamu, klik bagian [Draw it in], dan silakan goreskan tandatangan kamu di kotak yang tersedia. Selanjutnya klik tombol [Next] dan [Save].

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain yang tersedia. Mungkin kamu juga dapat menggunakan alternatif penyimpanan tandatangan di HelloSign pada menu [My signatures].

4. Sekarang kita akan coba meminta rekan kamu menandatangani sebuah surat atau formulir yang kamu kirimkan kepadanya. Untuk keperluan ini, ajaklah salah satu rekan kamu untuk mendaftarkan diri terlebih dulu ke HelloSign.

t10-434-tt-gb055. Misalnya kamu telah memiliki sebuah formulir atau surat yang telah kamu buat dalam bentuk format PDF. Maka, yang perlu kamu lakukan adalah membuka situs hellosign.com dan login dengan akun kamu dari komputer pribadi kamu. Selanjutnya pada bagian [Sign and send], masukkan file PDF kamu ke kotak [Drag files here …] dan klik tombol [Upload Files]. Setelah proses unggah selesai, ketikkan alamat e-mail teman kamu yang akan menandatangani, lalu klik tombol [Send it now].

6. Selanjutnya, HelloSign akan mengarahkan kamu ke bagian [Documents] yang berisi daftar dokumen yang kamu kirim, atau kamu terima, dengan berbagai statusnya.

t10-434-tt-gb077. Jika telah menerima dokumen PDF tadi, kamu harus membubuhkan tandatangan.. Untuk membutuhkan tandatangan, masuklah ke situs HelloSign, dan klik bagian [Documents]. Klik item dokumen yang kamu terima dan perlu ditandatangani, kemudian klik thumbnail dokumen yang dimunculkan di sisi kanan. Kamu akan diarahkan ke bagian [Sign and send]. Klik langsung link [Edit & Sign] yang berada sebelah thumbnail dokumen. Akan muncul sebuah dialog yang dapat menerima tandatangan kamu atau yang lain.

8. Silakan tambahkan tanda tangan kamu dari menu [Signature or Initials], dan letakkan tandatangan kamu di dokumen. Setelah selesai, simpan dengan klik tombol [Save]. Kirimlah dokumen yang telah kamu edit dengan mengklik tombol [Send it now].

t10-434-tt-gb099. Jika ternyata kamu ingin mengirimkan dokumen dan membutuhkan tandatangan dari ponsel kamu, aplikasi HelloSign untuk iOS atau Android dapat menjadi pilihan. Pada halaman utama HelloSign, cukup tap tombol [Scan], dan arahkan kamera kamu untuk mengambil gambar dari formulir cetak yang membutuhkan tandatangan. Setelah diambil, tap thumbnail hasil foto yang terletak di kiri bawah layar. Dari layar yang menampilkan hasil pemotretan, tap tombol [Next] untuk melanjutkan proses pengiriman. Pada halaman pertama ini, kamu dapat menambahkan goresan tandatangan kamu, teks, tanda cek, atau tanggal. Jika dirasa sudah lengkap, tap tombol [Send].

Cara Logout di Android
HelloSign untuk iOS atau Android tidak menyediakan fasilitas logout. Khusus di Android, jika kamu ingin untuk logout, jalankan aplikasi Settings, dan tap Apps. Lanjutkan dengan tap item aplikasi HelloSign, dan tap saja tombol [Clear Data].

 t10-434-tt-gb10

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.