Web Check-In, tak Perlu Antri

Salah satu cara maskapai berbiaya rendah menekan biaya operasional adalah dengan mengurangi staf di darat dan biaya sewa counter check-in. Oleh karena itu, untuk mencegah biaya tambahan dan menghemat waktu, gunakan fasilitas web check-in.

Inilah salah satu contoh cara melakukan check-in melalui web di maskapai Air Asia.

1. Kunjungi web www.airasia.com

2. Klik Web Check-in, lalu masukkan nama kota keberangkatan di kolom Departure city dan kode booking kamu di kolom Booking Number. Lanjutkan dengan mengklik Check-in

3. Beri tanda cek di kolom rute yang akan di-check-in, lalu beri tanda cek di depan nama penumpang yang akan melakukan check-in.

4. Lengkapi data kewarganegaraan, nomor paspor dan tanggal kadaluarsanya. Pastikan data ini benar karena kamu tidak akan bisa mengubahnya lagi. Klik Lanjutkan untuk melanjutkan.

5. Nomor kursi akan muncul di layar. Kamu bisa berpindah kursi dengan mengklik Ubah dengan dikenakan biaya tertentu. Demikian pula dengan Bagasi dan peralatan olah raga. Setelah itu, klik Lanjutkan.

6. Bila tadi kamu mengubah kursi atau menambah bagasi, kamu akan dibawa ke halaman pembayaran seperti saat booking. Lakukan pembayaran dengan langkah yang sama seperti saat booking. Kali ini pembayaran hanya tersedia dengan kartu kredit.

7. Tentukan ke mana boarding pass akan dikirim. Masukkan alamat e-mail bila ingin mendapatkan boarding pass melalui e-mail dan/atau nomor ponsel untuk mendapatkan boarding pass melalui SMS. Klik Lanjutkan dan lakukan konfirmasi.

8. Boarding Pass akan tampil di layar dan kamu bisa mencetaknya langsung.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer