Bandwidth Nyaris Maksimal, APJII Pasang Router Brocade

brocade mlxe16_angleJAKARTA, SENIN – Pengguna Internet di tanah air terus meningkat. Per akhir 2012, Indonesia yang berpenduduk 237,5 juta jiwa punya 63 juta pengguna Internet.

Jika dibandingkan kondisi dua tahun lalu, terlihat lonjakan signifikan untuk lalu lintas Internet di IIX (Indonesia Internet eXchange). Maret 2013, rata-rata lalu lintas itu mencapai 10 Gigabit per detik, atau 4x kondisi tahun 2010.

“Hasilnya, infrastruktur routing kami yang sudah ada mulai mendekati kapasitas maksimum, sementara pertumbuhan lalu lintas Internet tidak menunjukkan tanda-tanda melambat,” kata Harijanto Pribadi (Ketua IIX).

“Permasalahan utamanya adalah sekitar 60 persen dari populasi Indonesia menggunakan handphone, namun yang mengakses Internet dari handset saat ini masih terbilang sedikit,” kata Harijanto. “Tentunya, tren ini akan berubah dengan cepat. Pengembangan infrastruktur 3G secara nasional hampir rampung dan teknologi 4G/LTE akan mulai diimplementasikan tahun depan.”

Mengantisipasi ledakan kebutuhan bandwidth sampai 10x dalam lima tahun mendatang, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kini memakai router Brocade seri MLXe-16 yang mampu mendukung 100 Gigabit Ethernet (Gbe) sebagai komponen utama IIX. Dua router utama IIX itu dipasang pada lokasi yang berbeda demi menjamin tingkat ketersediaan yang tinggi. Dengan adanya kapasitas cadangan yang besar pada 16-slot chassis, APJII memiliki ruang yang luas untuk memasang modul four-port berkapasitas 40 GbE dan modul two-port berkapasitas 100 GbE di masa mendatang.

APJII juga berencana menerapkan teknologi Brocade Multi-Chassis Trunking (MCT). Teknologi ini akan menghubungkan kedua router di atas untuk menciptakan sebuah alat tunggal yang mampu menyamaratakan beban lalu lintas dari jaringan-jaringan penyedia layanan yang memiliki banyak koneksi ke pusat Indonesia Internet Exchange.

Saat  ini APJII memiliki 278 anggota, termasuk perusahaan telekomunikasi, penyedia layanan Internet dan penyedia konten. Sejumlah 161 di antaranya telah terhubung dengan IIX melalui IPv4, sementara 51 dari mereka juga menggunakan koneksi IPv6.

Tanggapan Kamu

komentar