Fuji Xerox DocuPrint 3105, Mencetak Hingga Ukuran A3 Hasil Cetak Tahan Lama

fuji-xerox-docuprint3105Jakarta, PCplus – Fuji Xerox mengklaim hasil cetak printer laser Fuji Xerox ini bisa tetap terjaga prima setidaknya selama 15 tahun ke depan seperti disebutkan Teddy Susanto, Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia.

Hasil cetak dengan ketahanan seperti inilah yang dinilai Teddy cocok untuk digunakan untuk keperluan notaris untuk pencetakan berbagai akta. Ide ini meluncur seiring dengan ketetapan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang mewajibkan Pejabat Pmebuat Akta Tanah (PPAT) mencetak sendiri blanko akta tanah yang mereka buat demi peningkatan layanan pertanahan.

Ketetapan No. 8 tahun 2012 yang berlaku mulai 2013 ini menurut Teddy membuat para notaris memerlukan printer blanko berukuran A3, auto-duplex, dengan hasil cetak yang tak mudah rusak. Karena akta merupakan berkas yang penting yang akan disimpan dalam jangka waktu lama. Kualitas cetak dan ketahanan cetak dari toner printer laser diklaim lebih baik daripada printer yang menggunakan bahan dasar tinta inkjet. Sebab, hasil cetak laser lebih tahan air ketimbang tinta yang biasanya luntur saat terkena air.

Oleh karena itu, Fuji Xerox merekomendasikan printer laser Docuprint 3105 yang bisa mencetak bolak-balik (duplex) hingga ukuran A3. Kecepatan cetak perangkat ini 32 lembar permenit untuk ukuran A4 dan 17 lembar permenit untuk ukuran A3, cukup cepat sehingga bisa menghemat waktu pencetakan. Resolusi hasil cetaknya mencapat 1.200×1.200 dpi yang bisa ditingkatkan hingga 2.400 dpi. Pencetakan pertama bisa dilakukan dalam 8,5 detik atau kurang. dilengkapi dengan prosesor 667MHz dan memori 512MB yang bisa ditingkatkan hingga 1,5MB. Toner perangkat ini diganti setelah 15.000 halaman berdasarkan standar yang diberikan Fuji Xerox.

Konsumsi listriknya lebih hemat berkat penggunaan S-LED pada head printernya. Dengan menggunakan LED membuat printer ini kian hemat energi. Dalam keadaan sleep perangkat ini memakan 1,7 watt. Untuk menghemat penggunaan toner, Fuji Xerox menyediakan empat pilihan kualitas pencetakan sesuai kebutuhan pengguna. Fuji Xerox juga menggunakan sensor full stack yang bertujuan meminimalkan paper jam akibat diokumen yang menumpuk di output papertray.

Untuk menjaga keamanan pencetakan, Fuji Xerox Docuprint 3105 memiliki fungsi Secure Print. Sehingga printer ini bisa menyimpan dulu dokumen yang hendak dicetak di memorinya. Setelah kamu memasukkan password di printer ini, barulah Docuprint 3105 akan mencetaknya. Setelah selesai dicetak, printer ini punya disk overwrite system yang akan menimpa Printer ini juga akan mengenkripsi data yang akan dikirim lewat jaringan. Kamu juga bisa mendapat notifikasi lewat email ketika toner ataupun kertas di printer habis. Asyik ya?

Tanggapan Kamu

komentar