Aplikasi Enkripsi ‘Portable Remora USB File Guard’

d8-436-Portable RsfgDari namanya sudah jelas, Portable Remora USB File Guard adalah tool yang dapat digunakan untuk mengenkripsi file pada USB flash-drive. Aplikasi ini bersifat portabel sehingga tidak perlu diinstal dan karenanya kita dapat dengan mudah menempatkan aplikasi ini pada perangkat portabel serta menjalankannya dari komputer manapun. Yang lebih penting lagi, entri pada registry komputer kita tidak akan “tersentuh”.

Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, kita akan diminta memasukkan kata sandi untuk masuk aplikasi dan kata sandi untuk mengenkripsi file. Pada pemilihan password, disarankan agar password untuk login aplikasi dan password enkripsi berbeda untuk meningkatkan keamanaan file di dalam USB.

Di dalam aplikasi, pada daftar file kita dapat melihat nama, ukuran, tipe, atribut, dan tanggal modifikasi setiap file yang kita impor. Kita dapat mengimpor dan mengekspor file, mengenkripsi atau mengenkripsi sekaligus mengompres file-file tersebut, memilih tingkat kompresi serta mengatur agar aplikasi ini dapat membuka direktori tujuan setelah mengekspor file.

Pada aplikasi ini, istilah “mengimpor” diartikan sebagai meng-copy file yang akan dienkripsi ke dalam folder usb_security di dalam USB flash-drive, di mana folder ini sifatnya tersembunyi (hidden). Sedangkan istilah “mengekspor” diartikan sebagai mendekripsi dan mengeluarkan file terenkripsi dari USB ke direktori yang kita inginkan (file dapat dibuka/dibaca seperti biasa).

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk dapat mengubah kata sandi, memilih tampilan antarmuka dan bahasa yang berbeda. Aplikasi ini juga begitu ringan karena hanya memerlukan sedikit sumber daya, baik ruang pada harddisk maupun memori (RAM).

 

Informasi

Situs http://www.regnow.com/
Ukuran File 2,5 MB
Lisensi / Harga Gratis / –
Dukungan Sistem Win XP / Win 7

 

 

Naskah: Khadis [[email protected]]

 

Tanggapan Kamu

komentar