Headset Sennheiser PMX 685i Sports

Buat yang Gemar Olahraga

Kamu senang berolahraga sambil mendengar musik? Ini adalah headset buat kamu: Sennheiser PMX 685i Sports. Untuk menegaskan peruntukkanya, Sennheiser pun mengusung Adidas yang merupakan produsen terkenal untuk alat-alat olahraga pada perantinya ini. Headset? Ya, Sennheiser PMX 685i Sports adalah sebuah headset dengan posisi microphone pada modul kontrol. Jadi, dengan perangkat yang sesuai (misalnya iPhone), selain bisa dipakai menjawab panggilan, ia juga bisa dipakai untuk mengatur volume dan memilih lagu.

u5-436-SennheiserMeskipun dirancang untuk produk Apple (iPod, iPhone, iPad), headset dengan kabel berwarna biru ini tetap bisa dipakai di MP3 player maupun peranti lain. Namun, bila disambungkan dengan keluaran 3,5mm stereo standar, kontrol dan microphone tentunya tidak berfungsi.

Untuk headphone-nya, Sennheiser PMX 685i Sports merupakan earphone. Agar tidak mudah lepas saat dipakai berolahraga, headset ini memiliki neckband (seperti headband, namun posisinya di dekat leher) yang bagian depannya “digantungkan” pada daun telinga. Saat PCplus coba mendengarkan musik sambil sedikit berolahraga, Sennheiser PMX 685i Sports memang mampu bertahan secara pas di telinga. Sayangnya, PCplus merasa kurang nyaman memakainya.

Sennheiser juga memberikan sebuah klip yang bisa dipakai untuk mengunci kabelnya. Kamu cukup menjepit kabel beserta baju kamu di posisi yang diinginkan agar kabel tersebut tidak banyak bergerak ke sana ke mari.

Selain urusan kemampuan mempertahankan posisi di telinga yang oke plus mengunci kabel, produk Sennheiser ini juga diklaim tahan (resistant) terhadap keringat dan air. Oleh karena itu, kamu bisa mencucinya sehabis dipakai menemani kamu berolahraga agar tak bau keringat. Tak ketinggalan, kabel yang digunakan juga memiliki daya tahan yang tinggi.

Meski terlihat bersifat closed (tertutup), Sennheiser PMX 685i Sports memiliki kelebihan yang disebut situational awareness. Headset Sennheiser ini menahan lebih sedikit suara dari luar sehingga kamu tetap sadar akan lingkungan sekitar. Meskipun begitu, bila dipakai di tempat yang aman dan kamu merasa terganggu dengan suara sekitar, ia memiliki driver yang mampu menghasilkan suara dengan volume yang tinggi. Pastikan saja jangan sampai volumenya merusak gendang telingamu.

Suaranya sendiri bagaimana? Setelah PCplus lakukan uji dengar dengan sejumlah musik berbagai genre, PCplus mendapati bahwa Sennheiser PMX 685i Sports memiliki sound staging dan separasi antar instrumen yang oke. Sayangnya, suara yang dihasilkan kurang seimbang: midrange menonjol dibandingkan bass dan treble. Walau jarang, suaranya juga bisa terasa menyerang. Sejumlah instrumen pun terasa kurang pas. Meskipun begitu, dengan sedikit pengaturan, suaranya ini bisa dibuat lebih seimbang.

Keseluruhan, Sennheiser PMX 685i Sports adalah headset olahraga yang oke.
(cgs)

 

Selain microphone,  Sennheiser PMX 685i Sports juga memberikan fungsi kontrol bila dipasangkan dengan perangkat yang sesuai.

Selain microphone,
Sennheiser PMX 685i Sports juga memberikan fungsi kontrol bila dipasangkan dengan perangkat yang sesuai.

 

Meski punya konektor lebih banyak,  headset Sennheiser ini tetap bisa dihubungkan dengan keluaran 3,5mm stereo dan berfungsi sebagai headphone.

Meski punya konektor lebih banyak,
headset Sennheiser ini tetap bisa dihubungkan dengan keluaran 3,5mm stereo dan berfungsi sebagai headphone.

 

Spesifikasi

Ear Coupling Earphone
Frequency Response Headphone 18 – 20000 Hz
Frequency Response Microphone 100 – 10000 Hz
Impedansi 16Ω
THD (1kHz, 100dB SPL) < 0,5%
SPL (pada 1kHz, 1VRMS) 120dB
Sensitivitas Microphone -44dB V/Pa
Bobot ± 18gr (dengan kabel)
Kabel Koneksi 1,2m, symmetrical, 3,5mm angled jack plug
Situs web http://www.sennheiser.com
Garansi 2 Tahun
Harga* Rp. 990.000,-

*Astrindo Senayasa (021) 6121330

 

+ Tahan keringat dan air, posisi earphone dan kabel bisa terjaga, ada fungsi kontrol, situational awareness.

Kurang nyaman, butuh pengaturan agar suara lebih seimbang.

 

 

Rating  7,7

 

Foto : Alphons Madjono

Tanggapan Kamu

komentar