Monitor Asus MX279H

Penampilan yang Menggoda

u6-436-AsusAsus MX279H merupakan salah satu varian dari monitor yang masuk ke jajaran Designo MX Series.Hal pertama yang mencuri perhatian adalah penampilannya yang memang menjadi fokus dari seri ini.

Mengandalkan layar dengan bezel yang tipis, monitor LCD ini tampil apik dengan aksen bar metal yang juga berperan sebagai panel pengaturan pada sisi kanan bawah. Penyangga yang berbentuk lingkaran ini dirancang seolah berupa metal meskipun sebenarnya berbahan plastik.

Tombol-tombol yang  ada pada Asus MX279H, meskipun ada fisiknya, tetapi hanya perlu disentuh saja. Benar, Asus memilih untuk menggunakan tombol sentuh pada monitor LCD dengan ukuran diagonal layar 27˝ ini. Pengaturannya sendiri cukup lengkap, mulai dari pengaturan standar brightness, kontras, sampai saturasi. Terdapat juga pemilihan preset seperti Scenery, Theater, Game, dan Night View yang mana masing-masing preset tersebut masih bisa kamu atur lagi.

Dari sisi konektivitas, monitor Asus ini menyediakan dua buah port HDMI, satu buah port D-Sub 15pin, serta dua port audio (Headphone Out dan Line In). Keputusan Asus meniadakan konektor DVI dan memilih HDMI mungkin mengingat sekarang konektor jenis ini lebih populer dan banyak ditemukan di berbagai perangkat. Fitur menarik yang terdapat pada Asus MX279H ini adalah Asus SonicMaster yang bertugas menghadirkan suara terbaik untuk kelas speaker yang terintegrasi pada monitor.

Pada pengujian PCplus untuk kualitas audionya, speaker Bang and Olufsen ICEpower ini menghasilkan suara di atas rata-rata speaker monitor pada umumnya. Sistem audio tersebut belum bisa menggantikan sistem audio desktop, terutama kalau kamu mengharapkan dentuman bass. Kekuatan keluarannya atau volumenya cukup untuk memenuhi ruangan. Jadi untuk penggunaan sehari-hari seperti menonton video streaming atau sekadar mendengarkan musik ringan, menurut PCplus suara yang dihasilkan Asus MX279H sudah memadai.

Asus menggunakan panel berjenis AH-IPS pada MX279H untuk memberikan kualitas tampilan yang baik. Panelnya yang cukup gelap membuatnya menyatu dengan desain bingkai layarnya sehingga pada keadaan mati, monitor LCD ini terlihat benar-benar tanpa bingkai. Tersedianya beberapa preset memudahkan kamu yang tidak mau dipusingkan dengan pengaturan ini dan itu. Secara umum tampilannya sudah baik, dengan tingkat kecerahan dan kontras yang terbilang baik. Namun, PCplus mendapati bahwa tingkat saturasi monitor ini agak tinggi, sehingga untuk memeroleh tampilan terbaik, PCplus sarankan untuk tetap mengaturnya.
(kar)

 

Deretan tombol pengaturan diposisikan  pada sudut kanan bawah dengan tombol berjenis sentuh.

Deretan tombol pengaturan diposisikan
pada sudut kanan bawah dengan tombol berjenis sentuh.

 

Selain mengandalkan D-Sub 15pin,  monitor ini meniadakan port DVI dan memberikan alternatif port HDMI sebanyak dua buah.

Selain mengandalkan D-Sub 15pin,
monitor ini meniadakan port DVI dan memberikan alternatif port HDMI sebanyak dua buah.

 

Spesifikasi

Ukuran Layar 27˝ (16:9)
Resolusi 1920 x 1080 piksel @ 60Hz
Contrast Ratio 80.000.000:1 (dinamis)
Brightness 250cd/m2
Response Time 5ms
Sudut Pandang 178/178 derajat (horisontal/vertikal)
Interface D-Sub 15pin, 2 HDMI 1.4
Dimensi (plt) 62,2 x 22,5 x 44,1 cm (dengan penyangga)
Daya Listrik Maks 37/1 W (aktif/saving)
Bobot (net) 5,2kg
Situs http://www.asus.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 4.688.000,-

*Asus Indonesia (021) 45865050

 

+ Desain bagus, tampilan bagus, suara bagus untuk ukuran speaker monitor.

Tanpa DVI, memerlukan pengaturan lanjutan.

 

 

Rating  7,8

 

Foto : dok. Asus

Tanggapan Kamu

komentar