Review Canon Ixus 255 HS

Canon Ixus 255 hs

Jujur, memegang kamera saku saat ini rasanya kurang pede. Mungkin karena D-SLR dan kamera mirrorless yang ramai di pasaran menawarkan fitur dan kualitas yang lebih baik. Kamera saku pun menjadi pilihan kedua buat mereka yang ingin melakukan eksplorasi foto lebih jauh.

Tapi lain ceritanya buat mereka yang enggan ribet saat memotret. Dalam hal ini kamera saku masih punya keunggulan terutama untuk kemudahan pakai, ukuran kecil yang mudah masuk kantong, sampai fitur yang kian lengkap untuk kebutuhan foto sehari-hari. Bahkan kamera saku saat ini bisa juga diajak merekam video. Kualitasnya? Jangan diragukan, seperti kamera Canon Ixus 255 HS yang PCplus coba ini bisa merekam video dengan resolusi definisi tinggi tanpa masalah.

Ya, salah satu kehebatan kamera mungil ini ada di sensor CMOS yang berteknologi back illuminated. Teknologi back illuminated di sensor Ixus 255 memungkinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya sehingga pas jika kamera dipakai di area dengan pencahayaan minim. Itu sebabnya Canon membubuhkan embel-embel HS yang berarti kamera dengan sensor sangat sensitif (high sensitivity).

Berteman DIGIC 5
digic-5Sensor bagus tentu belum cukup, dan ini sangat disadari Canon. Makanya jangan heran kalau di produknya ini Canon menyandingkan sensor CMOS beresolusi 12,1 megapiksel tadi dengan prosesor DIGIC 5 terbaru. Menurut Canon, prosesor ini 6 kali lebih cepat dibanding generasi DIGIC 4 dalam hal pengolahan gambar dan video. DIGIC 5 juga disebut-sebut lihai dalam mengolah noise gambar sehingga foto yang dihasilkan kamera ini tetap terlihat halus meski dalam setelan ISO tinggi dan cahaya minim.

Bagaimana dengan mata (baca: lensa) kamera ini? Rentang panjang fokusnya setara dengan 24mm sampai 240mm. Dari sana terlihat kalau lensa ini bisa melakukan pembesaran (zoom) sampai 10 kali. Bicara pembesaran, lensa Ixus ini bisa dibilang keren. Dalam 240mm teknologi Image Stabilizer (IS)-nya sangat baik mengompensasi gerakan tangan sehingga foto tetap terlihat tajam. Tentu saja IS ini bekerja maksimal di cahaya yang cukup, kalau tidak foto buram masih sering didapat meskipun tidak terlampau parah.

WIFI dan Eco Mode

canon-255-hs-wifiKami cukup terkejut ketika mengetahui ada fitur nirkabel (WIFI) di kamera ini. Saat didalami ternyata fungsinya untuk mentransfer gambar ke PC atau gadget. Menariknya, fitur WIFI ini tidak banyak menghabiskan daya baterai seperti yang terjadi di kamera lain. Ada mekanisme hidup-mati otomatis saat mengirim gambar yang dilakukan kamera.

canon-255-hs-top

Kalau memang mau lebih hemat, fitur ini bisa kok dinonaktifkan. Apalagi Canon juga membenamkan fitur Eco Mode yang secara otomatis mematikan daya kamera saat sedang tidak digunakan. Jangan kuatir ketinggalan momen, sebab dalam moda Eco kamera hanya butuh seper sekian detik untuk kembali beroprasi normal dan mengambil gambar.

Smart Auto dan Hybrid Auto
canon-255-hs-back
Fitur yang ini cocok buat pemula atau kamu yang malas mengubah-ubah setelan kamera. Cukup pilih moda Smart Auto dan kamera akan memilihkan program yang paling sesuai untuk obyek yang akan difoto. Ada 58 jenis program yang ditanam di kamera ini yang bisa dipakai untuk membantu saat mengambil gambar diam. Dalam moda video, program yang bisa dipakai menciut menjadi 28 jenis saja.

Selain Smart Auto, ada fitur lain bernama Hybrid Auto. Tugasnya menjalankan fungsi Smart Auto sekaligus mengambil klip video berdurasi 4 detik sebelum foto diambil sehingga kamu sekaligus mendapatkan video beresolusi HD. Kalau bosan dengan Smart Auto kamu boleh coba efek kretif di kamera ini, seperti efek fish-eye, super vivid, dan miniatur.

Kesimpulan
canon-ixus-255-pack-shoot
Jadi, layakkah kamera ini dipilih? Buat kamu yang mencari kamera saku simpel serba bisa dan mampu menghasilkan gambar keren, jawabannya ya. Apalagi Canon juga menyediakan produk dengan warna-warni menarik seperti perak, hitam dan merah muda. Kalau mau, kamu bisa menghubungkan kamera ini dengan gadget ber-GPS lewat WIFI. Tujuannya untuk merekam posisi kamu saat memotret.

Spesifikasi: Canon Ixus 255 HS

Resolusi Sensor 12,1 mega piksel
Resolusi Foto 480 ×480 / 4000×3000  piksel (min/maks)
Resolusi Video 320 ×240 (@ 30 fps) / 1920×1080 (@ 24 fps) piksel (min/maks)
Media Perekam SD, SDHC, SDXC
Ukuran Lensa
Ekivalen 35mm
24 – 240 mm
Zoom 10x (optical), 4x (digital)
Kecepatan Shutter 1 – 1/2000 detik
Fokus Terdekat
Terbaik (makro)
1cm (wide)
LCD 3,0 inci, PureColor II G LCD (TFT),  ( 461,000 dots)
Koneksi Hi-Speed USB; Mini HDMI
Tipe Baterai Li-ion Battery NB-4L
Dimensi (plt) 9,72 x 2,25 x 5,65 cm
Bobot 144 gram (dengan baterai dan kartu memori)
Situs web www.canon.co.id
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp 2,535,000

*Datascrip (021) 6544515

Plus: Zoom 10x, Kualitas Gambar, Video Full HD, Respon Baik, Fitur Lengkap.
Minus: Kontrol Manual Minim, Tanpa Fitur in-Camera Panorama.

Rating PCplus: 7,9

Tanggapan Kamu

komentar