4 Aplikasi Gratis agar Aman dan Nyaman Berkendara

Perangkat pintar berbasis Android atau iOS semestinya dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali saat kita mengendarai kendaraan bermotor, utamanya mobil.

Di mobil, kita bisa memasang mobile phone dock (bisa ditempel di kaca depan atau di dashboard mobil), lalu meletakkan ponsel pintar di sana. Namun apakah ponsel pintar dapat membantu kita saat berkendara mobil?

Kita semua tahu kalau ponsel kita dapat menampilkan sebuah tampilan menu yang dapat membantu melakukan panggilan, menerima panggilan, membaca pesan atau notifikasi yang masuk, dan mungkin saja merekam apa yang ada di depan mobil kita saat berjalan. Nah, di sini PCplus sajikan empat aplikasi gratis yang dapat menyediakan fungsi-fungsi tersebut agar berkendara kita tetap aman dan nyaman.

Car Mode
Saat mengendarai mobil, kamu panggilan yang masuk otomatis mengaktifkan mode speaker. Ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi bernama “Car Mode”. Aplikasi ini tidak ada antarmukanya karena memang fungsi utamanya adalah mengaktifkan dan menonaktifkan mode speaker.

1. Setelah Car Mode kamu pasang, tambahkan ikon aplikasi Car Mode pada halaman Home Android. Pada saat kamu hendak mulai mengendarai, cukup tap ikon aplikasi Car Mode untuk mengaktifkan mode speaker. Maka ketika ada panggilan masuk kamu dapat menerima dan bercakap melalui mikropon dan speaker pada ponsel kamu.

2. Untuk menonaktifkan mode Speaker, tap sekali lagi ikon aplikasi Car Mode.

Mudah dan sangat membantu bukan? Jadi tidak perlu repot-repot memasang Bluetooth!

 

Safely Go
Saat berkendara, mungkin kamu lebih suka tidak menerima panggilan dari siapa pun. Kamu mungkin lebih suka mengirimkan pesan melalui SMS secara otomatis ketika ada panggilan yang masuk. Jika ini yang kamu inginkan, aplikasi “Safely Go” menyediakan fungsi untuk menjawab kebutuhan tersebut. Kamu tinggal pasang aplikasi “Safely Go” dari Google Play, dan melakukan sekali pengaturan untuk dapat digunakan selanjutnya.

t08-436-kendara-21

 

 

1. Saat pertama kali dijalankan, Safely Go akan menyediakan tampilan pembuka dengan satu tombol ikon Settings (di tengah bawah tampilan).

 

 

 

t08-436-kendara-22

 

2. Tap ikon Settings tersebut untuk mendapatkan halaman pengaturan. Dari halaman tersebut, tap item VIP Contacts. Dari menu ini, kamu dapat menambahkan tiga kontak nomor telepon yang nantinya dapat kamu tap untuk langsung melakukan panggilan.

 

 

t08-436-kendara-23

 

 

3. Berikutnya kamu dapat menambahkan 3 aplikasi yang dapat kamu jalankan dengan cukup sekali tap. Tentukan pilihan daftar aplikasi tersebut dari menu Settings > Driving Apps.

 

 

t08-436-kendara-24

 

 

4. Selanjutnya, ketikkan isi pesan yang akan dikirim otomatis jika ada panggilan yang masuk. Tap item Autoreply Message, dan ketikkan pesan yang ingin kamu kirim jika ada panggilan.

 

 

t08-436-kendara-25

 

 

5. Jika telah selesai, tap tombol [Done]. Akan muncul sebuah tampilan sederhana yang menampilkan 3 aplikasi dan 3 VIP Contact yang telah kamu pilih.

 

 

DailyRoads Voyager

Aplikasi DailyRoads Voyager sangat cocok jika digabung dengan aplikasi Car Mode, karena ia dapat kamu gunakan untuk merekam apa yang ada di depan mobil kamu saat berkendara. Kamu dapat merekamnya sebagai sebuah foto atau video. Fungsi ini sangat bermanfaat jika terjadi kejadian yang tidak kamu harapkan terjadi saat berkendara. Kamu akan memiliki rekaman kejadian yang ada di depan mobil kamu.

DailyRoads Voyaer sangat mudah dipakai.

t08-436-kendara-31

 

1. Cukup pasang aplikasi “DailyRoads Voyager” di ponsel Android kamu, dan setelah dijalankan, sebuah tampilan utama yang sederhana langsung kamu dapatkan.

 

t08-436-kendara-32

 

 

2. Dari tampilan tersebut, kamu dapat mengatur beberapa hal dengan masuk ke menu Settings melalui tap ikon Preferences (di sebelah kanan atas).

 

 

3. Dari pengaturan tersebut, secara default DailyRoads akan tetap dapat berfungsi walaupun layar ponsel kamu sedang terkunci. Namun memang ada baiknya jika pengucian layar dinonaktifkan melalui Settings sistem Android > Security > Screen Lock, lalu pilih None.

4. Setiap video atau gambar yang terekam disimpan pada folder /sdcard/dailyroads, dan dapat kamu lihat melalui tombol [Files] atau [Gallery].

 

Drivea 

t08-436-kendara-40Jika kamu tidak ingin perekaman video atau foto melalui ponsel Android kamu saat berkendara, kamu dapat memotret keadaan di depan mobil kamu, sekaligus mengetahui perkiraan jarak mobil dengan objek yang berada di depannya. Mirip iOnRoads ya? Benar, tetapi Drivea lebih sederhana dalam fungsi dan tampilan.

 

t08-436-kendara-41

 

1. Saat Drivea dijalankan, kamu dapat memotret dengan men-tap ikon [Camera] di layar. Sayang tidak ada perekaman bentuk video di aplikasi ini. Ketika mendeteksi ada objek di depan mobil kamu, Drivea akan memberikan suara notifikasi berdasar ketentuan yang kamu definisikan melalui  halaman Settings (tap ikon Preferences > Settings).

 

2. Dari pengaturan yang ada, beberapa item pemberitahuan bahaya dapat diberikan berdasar:
* kecepatan maksimum melalui item “Set Warning Speed”. Untuk dapat memberikan tanda bahaya jika kecepatan mobil kamu melebihi batas tersebut, kamu juga harus memberi tanda cek pada item “Enable Speed Limit Warning”.
* perkiraan waktu terjadinya tabrakan dengan objek di depan mobil melalui pengaturan item “Time to impact warning”, atau juga dapat berdasar kecepatan minimum untuk peringatan kemungkinan terjadinya kecelakan melalui item “Minimum Speed For Collision Warning”. Untuk mengaktifkan salah satu atau kedua hal tersebut, kamu harus memberi tanda cek pada item “Frontal Collision Warning”.

3. Untuk keluar dari “Drivea”, jangan pakai softbutton “Back” karena fungsi tombol tersebut tidak diaktifkan oleh “Drivea”. Untuk keluar, tap ikon Preferences > Exit.

 

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar