Aman Chatting saat Jalan Kaki

Dua app ini membantu kamu yang sedang berjalan kaki tetap asik chatting tanpa kuatir terjatuh atau menabrak tiang listrik.

Menggunakan telepon seluler, utamanya untuk chatting atau SMS, saat mengendarai kendaraan bermotor dilarang UU lalu-lintas karena berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain. Namun bagaimana jika kamu sedang berjalan kaki dan tidak dapat lepas dari aktivitas chatting? Tidak ada larangan di Indonesia, kendati juga dapat membahayakan diri sendiri, misalnya terjatuh karena tidak melihat jalan yang rusak, atau menabrak tiang listrik atau ditabrak kendaraan karena tidak waspada.

Jika kamu ingin tetap chatting sambil berjalan kaki, ada baiknya kamu memasang aplikasi Android, yaitu Transparent Screen dan/atau Sidewalk Buddy. Kedua aplikasi tersebut akan membantu kamu untuk tetap dapat melihat kondisi di depan kamu walaupun hanya dengan menatap ponsel Android.

Pada prinsipnya kedua jenis aplikasi ini memanfaatkan kamera belakang ponsel untuk selalu ditampilkan ke layar ponsel kamu. Sembari menampilkan apa yang tertangkap kamera, kedua aplikasi ini memberikan fungsi-fungsi sebagaimana perangkat kamu secara normal. Namun sekali lagi, sangat tidak disarankan menggunakan aplikasi ini saat mengendarai kendaraan bermotor.

Sidewalk Buddy
Sesuai namanya, aplikasi Sidewalk Buddy seolah-olah menjadi teman yang membantu menampilkan kondisi sekitar saat kamu melakukan aktivitas dengan perangkat Android saat kamu berjalan kaki. Aplikasi ini sudah ada di Google Play dan membutuhkan Android minimal versi 2.2 atau ke atas. Sayangnya, sampai dengan versi terakhir saat tulisan ini dibuat, Sidewalk Buddy belum tersedia untuk tablet.

Agar kamu dapat langsung mendapat gambaran cara kerja aplikasi ini, yuk kita langsung coba saja.

t08-435-swalk-11

 

 

1. Setelah terpasang dan dijalankan, Sidewalk Buddy memberikan pilihan utama yang tidak rumit pada halaman pertamanya.

 

 

 

t08-435-swalk-12

2. Sidewalk akan menampilkan hasil pengambilan gambar dari kamera belakang perangkat dalam suatu window dengan ukuran tertentu. Silakan tap tombol [Start Camera] dan perhatikan ukuran window hasil tangkapan kamera.

Jika terlalu kecil atau terlalu besar, kamu dapat mengaturnya dengan men-tap tombol [Window Settings]. Geser sliding bar yang ada untuk menentukan ukuran kotak tangkapan kamera. Jika mau, kamu dapat memperbesar hasil tangkapan kamera.

 

t08-435-swalk-13

 

 

3. Tap tombol [Back to Sidewalk Buddy] untuk kembali ke menu utama. Selanjutnya tap tombol [Start Camera]. Untuk menggeser posisi kotak kamera, tap kotak tersebut dan geser ke posisi sesuai keinginan.

 

 

t08-435-swalk-14

 

 

 

4. Pakailah perangkat Android kamu seperti biasanya.

 

 

5. Jika ingin menghentikan Sidewalk Buddy, tampilkan layar notifikasi dengan cara menggeser ke bawah bar notifikasi paling atas, lalu tap item [Sidewalk Buddy], kemudian tap tombol [Stop Camera].

Kelemahan dari Sidewalk Buddy, kondisi hasil tangkapan kamera hanya sebatas pada kotak yang tersedia. Semakin besar ukuran kotak kamera, tentunya akan semakin menutupi area aktivitas kamu di layar.

 

Transparent Screen
Aplikasi yang dapat menampilkan hasil tangkapan kamera secara utuh di layar perangkat Android banyak tersedia di toko Google Play. Salah satu aplikasi yang banyak dipilih pemakai Android adalah Transparent Screen buatan Song Siyu (http://goo.gl/hDmoZ) dan Transparent Screen Original buatan Sascha Affolter (http://goo.gl/uvbv3). Kedua aplikasi tersebut serupa. Maksudnya, sama-sama membutuhkan Android minimal versi 2.2 (termasuk tablet) dan tersedia dalam versi berbayar dan gratis (dengan menampilkan iklan).

Berbeda dengan Sidewalk Buddy, Transparent Screen akan menampilkan hasil tangkapan kamera secara t08-435-swalk-21penuh di layar perangkat Android kamu. Sedangkan untuk tampilan aplikasi Android lain akan ditampilkan secara transparan, sehingga kamu tetap dapat beraktivitas dengan perangkat kamu sembari melihat kondisi di depan kamu melalui kamera perangkat.

1. Pengaturan yang disediakan oleh Transparent Screen Original pada halaman pertamanya cukup lengkap. Kamu dapat mengatur level transparansi, resolusi gambar yang dihasilkan dari kamera, atau apakah menggunakan lampu flash kamera yang sangat berguna jika berjalan pada malam hari.

2. O ya, semakin tinggi resolusi yang kamu pilih, akan semakin lambat respon tangkapan kamera. Jadi disarankan untuk menggunakan resolusi yang lebih rendah. Resolusi 320×240 dapat menjadi pilihan yang optimal.

t08-435-swalk-23

 

 

3. Setelah kamu atur, untuk memulai fungsi layar transparan, tap tombol [Start & Stop]. Maka layar kamu akan menjadi transparan dengan latar hasil tangkapan kamera. Untuk menghentikannya, tampilkan halaman notifikasi, lalu tap item Transparent Screen. Maka semua kembali normal.

 

 

t08-435-swalk-24

 

4. Aplikasi Transparent Screen buatan Song Siyu menyediakan fungsi yang tidak jauh berbeda. Tampilan utama untuk pengaturan fungsi transparansi lebih informatif dengan ikon yang mewakili resolusi dan rotasi. Untuk memulai mengaktifkan layar transparan, tap tombol [Turn On].

 

 

5. Serupa dengan aplikasi sejenis sebelumnya, untuk menghentikan fungsi transparansi, kamu cukup tap item [Transparent Screen Activated] pada tampilan notifikasi Android.

Kelemahan aplikasi Transparent Screen, tampilan hasil tangkapan kamera tidak jelas karena tertutup tampilan sistem aplikasi Android lain yang berjalan di latar depan. Namun setidaknya, dengan pilihan dua jenis aplikasi ini, kamu tetap dapat beraktivitas dengan ponsel kamu saat berjalan kaki tanpa sering mengalihkan pandangan dari layar perangkat kamu.

Semoga bermanfaat!

 

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar