Penjaga Jarak Saat Berkendara

t07-436-ionr-03Mengendarai kendaraan bermotor, khususnya mobil, perlu kehati-hatian dan keterampilan. Kamu harus mengatur jarak dengan kendaraan di depanmu agar tidak tabrakan. Namun kalau kamu capek atau mengantuk, kadangkala hal tersebut menjadi sedikit terabaikan.

Jika memang demikian, tidak ada jalan lain selain harus beristirahat sejenak di tempat istirahat yang tersedia, misalnya di tempat pengisian bahan bakar. Namun seandainya belum bisa beristirahat, kita perlu pendamping yang dapat membantu mengingatkan kita tentang jarak dengan kendaraan di depan atau jalur jalan yang sedang kita lalui; apakah pada jalur yang tepat atau tidak. Pendamping tidak perlu seorang teman atau keluarga. Perangkat Android atau iOS yang kamu miliki dapat berfungsi sebagai pendamping dikala kamu sedang mengendarai mobil.

Ada cukup banyak aplikasi untuk Android atau iOS yang dapat membantu mendeteksi jarak dengan objek di depan mobil atau jalur yang kita lalui. Salah satunya adalah iOnRoad. Aplikasi yang tersedia di iOS dan Android ini menyediakan fungsi utama untuk mendeteksi jarak dengan objek di depan mobil kita.

iOnRoad versi Pro (US$ 5,21) menyediakan juga fungsi untuk merekam dan memotret kondisi di depan mobil kita. Jadi tidak heran jika pada tahun 2012, aplikasi iOnRoad mendapat beberapa penghargaan. Untuk mencoba aplikasi ini, kamu dapat memasang iOnRoad versi Lite yang akan tetap menyediakan fungsi utamanya.

Jika kamu menggunakan Android, cari aplikasi bernama iOnRoad, dan pasanglah “iOnRoad Augmented Driving Lite”. Sedangkan untuk iOS, tidak tersedia versi Lite sehingga kamu harus membelinya dengan harga yang murah, yaitu US$ 4,99.

Perlu diketahui, tidak semua piranti disarankan menjalankan aplikasi ini di Android. Pada situs ionroad. com/download-ionroad ditampilkan daftar perangkat menurut golongannya. Perangkat yang masuk dalam kategori ‘Best’ antara lain iPhone 5, iPhone 4S, Samsung Galaxy SIII, dan Galaxy SII.

Namun tak perlu kuatir jika perangkatmu tidak ada dalam daftar. Kamu tetap boleh mencobanya. Yang penting ponselmu punya sensor adalah GPS, gyro, dan compass.

Setelah terpasang, untuk mencobanya di depan komputer, lakukan langkah berikut:

1. Dari web browser, kunjungi alamat: http://www.ionroad.com/test

2. Dari ponsel Android atau iOS kamu, jalankan iOnRoad. Selanjutnya, tap ikon Preferences > Introduction.

t07-436-ionr-033. Tap blok [Test at Home] yang kemudian dmenampilkan informasi tentang pengujian. Kembalilah ke web browser yang menampilkan sebuah bagian dari Youtube. Klik [Play] untuk video tersebut. Video ini menampilkan rekaman dari dalam sebuah mobil. Kembali ke iOnRoad di Android, arahkan ponsel kamu agar area dalam kotak di video Youtube masuk dalam area yang bertanda kotak di aplikasi iOnRoad.

t07-436-ionr-044. Tetap posisikan perangkat Android kamu seperti di atas. Perhatikan nilai waktu dalam detik yang ditampilkan. Waktu detik yang ditampilkan menunjukkan berapa lama waktu perkiraan akan terjadi tabrakan. Pada simulasi tersebut, ditunjukkan juga 3 warna kondisi yang berbeda, yaitu hijau, kuning, dan merah. Jika waktu atau jarak yang diperkirakan masuk dalam kategori Warning, akan diberikan suatu bunyi peringatan.

t07-436-ionr-05

 

5. Kamu dapat mengganti informasi waktu perkiraan tabrakan dengan informasi perkiraan jarak antara mobil kamu dan mobil di depan kamu. Untuk mengubah ini, kembalilah ke halaman utama dengan menekan softbutton Back. Dari halaman utama, tap ikon Preferences > Settings. Tap item [Display Settings] dan tap item [Car Information]. Pilih apakah jarak (Distance form car) atau (Car speed).

 

t07-436-ionr-066. Untuk menggunakan aplikasi iOnRoad, disarankan kamu memasang Cup Holder Mount (biasanya di pasang di kaca depan) untuk menempatkan ponsel. Pada saat ponsel kamu dipasang di holder tersebut, iOnRoad akan mendeteksi posisi perangkat yang ditunjukkan pada gambar pendeteksi keseimbangan posisi berwarna hijau. Jika bagian warna hijau muncul, berarti posisi perangkat kamu belum dikatakan tepat. Silakan atur kembali sampai gambar bagian warna hijau tidak muncul.

t07-436-ionr-077. Pada saat kendaraan kamu berjalan, dan sensor GPS telah mendapatkan sinyalnya, secara otomatis iOnRoad akan mendeteksi setiap objek dan jalan yang ada di depan mobil kamu. Pada tampilan utamanya, iOnRoad menampilkan beberapa informasi, antara lain suhu udara, kecepatan laju kendaraan, kompas, dan jalur clearance yang kamu lalui saat itu (ditandai dengan blok warna hijau sesuai dengan jalan).

8. Hal menarik dari tampilan utama iOnRoad, kita dapat menggabungkannya dengan fasilitas Text to Speech yang akan membacakan SMS atau notifikasi yang masuk. Untuk dapat mengaktifkan ini, tap ikon Preferences > Settings > iOnRoad Narrator, kemudian aktifkan Talkback.

t07-436-ionr-09

 

 

9. Jika kamu ingin iOnRoad otomatis aktif saat kendaraan kamu mulai berjalan, masuklah ke Preferences > Settings > Activation Settings, dan beri tanda cek pada item Automatic driving detection.

 

 

Seakan-akan Real Time
Satu hal yang menakjubkan dari aplikasi iOnRoad, semua pendeteksian dapat dilakukan seolah-olah secara real time. Hal ini dimungkinkan karena iOnRoad mengadopsi FastCV (Computer Vision) untuk membantu mendeteksi objek-objek yang tertangkap kamera.

FastCV dapat bekerja secara optimal jika menggunakan prosesor SnapDragon. jadi tidak mengherankan jika spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini juga dituntut yang seimbang dengan kebutuhan FastCV.

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar