Trik Rahasia Menggunakan WhatsApp di Android

WhatsApp belakangan ini melejit menjadi salah satu aplikasi mobile chat yang populer. Sifatnya yang multi platform mendukung hal tersebut.

Meski tengah populer, namun ditengarai kebanyakan penggunanya tidak terlalu memanfaatkan berbagai fiturnya dengan maksimal. Pokoknya asal bisa dipakai untuk chat saja. Padahal ada beberapa tip dan trik yang bisa dimanfaatkan supaya penggunaan WhatsApp bisa lebih maksimal.

Buat kamu yang menggunakan WhatsApp di platform Android, ada beberapa tip dan trik penggunaan WhatsApp yang bisa kamu terapkan. Apa sajakah itu?

Suara Notifikasi

Kamu mungkin ingin memberikan perhatian khusus pada chat yang datang dari orang atau grup tertentu. t07-435-wapp-gb11Supaya langsung ketahuan chat yang masuk datang dari siapa, kamu bisa memilih suara notifikasi khusus bila chat datang dari orang atau grup tertentu.

Kita mulai dari notifikasi untuk grup terlebih dahulu. Langkah pengaturannya adalah sebagai berikut:

1. Jalankan WhatsApp.
2. Ketuk menu > Settings.
3. Ketuk Notifications.
4. Masuk ke bagian Group notifications.
5. Ketuk Notification tone.
6. Pilih suara notifikasi yang diinginkan.

Pada bagian yang sama, kamu bisa menentukan apakah notifikasi yang akan diberikan cukup berupa suara saja atau sekaligus dengan vibrasi serta lampu yang berkedip-kedip dengan warna tertentu. Yang disebut terakhir ini tergantung dari ponsel yang kamu miliki karena tidak semua ponsel memiliki fitur lampu notifikasi.

t07-435-wapp-gb12

 

Bagaimana dengan notifikasi yang berasal dari orang tertentu? Notifikasi tersebut “menumpang” pada notifikasi kontak di Android. Pengaturannya dari WhatsApp adalah sebagai berikut:

1. Jalankan WhatsApp.
2. Ketuk menu > Settings.
3. Ketuk Notifications.
4. Masuk ke bagian Message notifications.
5. Aktifkan opsi Contact ringtone.

 

t07-435-wapp-gb13Sekarang, pengaturan dilakukan dari kontak yang ada di sistem Android. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Contacts.
2. Ketuk nama kontak yang ingin diatur agar memiliki ringtone khusus.
3. Ketuk menu > Edit.
4. Ketuk Ringtone.
5. Pilih ringtone yang diinginkan.

 

Nah, setelah melalui pengaturan ini, suara notifikasi WhatsApp untuk orang tertentu akan sama dengan suara notifikasi bila orang tersebut melakukan panggilan.

 

Blok Kontak Tertentu

Entah bagaimana, nomor kontakmu jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab lalu banyak mengirim chat berupa spam melalui WhatsApp. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Jangan khawatir, kamu bisa t07-435-wapp-gb20melakukan blok terhadap pengguna yang tidak kamu sukai. Caranya relatif gampang.

1. Jalankan WhatsApp.
2. Ketuk menu > Settings > Contacts.
3. Ketuk Blocked contacts.
4. Ketuk tombol di kanan atas untuk menambahkan kontak.
5. Pilih kontak yang hendak diblok.

Bila kamu tidak sengaja melakukan blok terhadap nomor yang seharusnya tidak diblok, ulangi kembali langkah 1 hingga  3 di atas, lalu ketuk dan tahan nomor kontak yang hendak “dibebaskan” dan pilih Unblock [nama kontak].

Bila yang hendak diblok adalah nomor yang belum tercatat ke dalam kontak, buka pembicaraan (conversation) dengan nomor tersebut lalu geser ke posisi paling atas dan ketuk tombol Block.

 

Backup dan Restore Percakapan

Percakapan yang dilakukan di WhatsApp bisa jadi merupakan percakapan yang penting. Untuk berjaga-jaga apabila ponselmu rusak atau kamu ingin ganti ponsel baru, lakukan backup terhadap percakapan tersebut.

t07-435-wapp-gb30Langkah untuk melakukan backup adalah sebagai berikut:

1. Jalankan WhatsApp.
2. Ketuk menu > Settings > Chat settings.
3. Ketuk Backup conversations.

Hanya dengan tiga langkah itu saja, seluruh percakapanmu akan dibackup. File backup akan tersimpan pada folder bernama WhatsApp yang ada di SD Card. Supaya lebih aman, salin folder WhatsApp tersebut ke media simpan lain seperti USB Flash atau harddisk eksternal.

Nah, bila kemudian kamu membeli ponsel baru dan ingin memindahkan backup tersebut, gunakan cara ini:

1. Pastikan di ponsel baru belum ada aplikasi WhatsApp. Bila sudah ada, hapuslah terlebih dahulu.
2. Pindahkan folder WhatsApp hasil backup tadi ke SD Card ponsel baru.
3. Lakukan instalasi WhatsApp.
4. Pada salah satu langkah instalasinya, WhatsApp akan menanyakan apakah kamu akan me-restore file backup. Tentu saja kamu harus menjawab Yes.

Sekarang seluruh percakapanmu yang ada di ponsel lama telah dipindahkan ke ponsel baru.

Chat Dengan Teks Unik

t07-435-wapp-gb41Jenis font yang digunakan pada aplikasi WhatsApp adalah jenis font standar. Bila kamu ingin tampil beda, kamu bisa menggunakan teks dengan efek font khusus. Trik ini bukan bawaan WhatsApp sebenarnya tetapi menggunakan aplikasi khusus bernama Fancy Text Generator.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

t07-435-wapp-gb421. Unduh aplikasi Fancy Text Generator dari Google Play Store lalu jalankan aplikasi tersebut.
2. Ketikkan teks pada tempat tersedia dan di bagian bawahnya akan ditampilkan daftar teks yang telah diberi efek.
3. Ketuk tombol yang ada di sisi kanan salah satu teks yang telah diberi efek untuk menyalinnya ke dalam clipboard.
4. Jalankankan WhatsApp dan lakukan paste ke dalam kotak yang digunakan untuk menuliskan teks. Teks yang telah disalin tadi akan ditampilkan di sana lengkap dengan efeknya.
5. Ketuk tombol Send untuk mengirimkan teks tadi.

Pada dasarnya output aplikasi Fancy Text Generator tadi bersifat universal, jadi bukan ditujukan khusus untuk WhatsApp saja. Output dari Fancy Text Generator ini juga bisa digunakan bila aplikasi mobile chat kamu adalah Line atau WeChat.

 

Naskah: Yahya Kurniawan [[email protected]]

Tanggapan Kamu

komentar