OS Android Berjaya di Pasar Smartphone

androidsJAKARTA, SENIN – Sistem operasi besutan Google, Android, kini menguasai 79,3 persen pasar smartphone. Dibandingkan tahun lalu, OS Google ini tumbuh 73,5%. Kuartal kedua tahun ini, 187,4 juta perangkat Android dikirimkan ke pasar, meningkat dari 108 juta pada kuartal dua tahun lalu. Begitu laporan lembaga riset IDC kuartal kedua ini.

Menurut IDC, lonjakan Android tersebut dimotori oleh Samsung Galaxy S4, bersama-sama perangkat dari LG, Huawei, Lenovo dan ZTE. Masing-masing merek tersebut mencatatkan pertumbuhan angka pengiriman jutaan dalam dua digit.

Lalu di mana posisi iOS Apple? Merosot jauh sampai 13,2 persen. Memang pasar perangkat Apple masih tumbuh 20% tahun per tahun, dengan penjualan iPhone meningkat dari 21,2 juta menjadi 26 juta. Namun iOS Apple harus berjuang keras mengejar saingannya.

Ramon Llamas, menajer riset untuk ponsel di IDC mengatakan, “Tanpa peluncuran produk baru sejak debut iPhone 5 nyaris setahun lalu, pangsa pasar Apple terancam oleh peluncuran-peluncuran produk dari pesaing. Akan tetapi dengan iPhone dan iOS baru yang muncul belakangan tahun ini, Apple berpeluang bagus untuk merebut kembali pangsa pasar.”

Yang mengejutkan, sistem operasi mobile Microsoft, yakni Windows Phone menunjukkan pertumbuhan 77,6% selama kuartal kedua, mengungguli Blackberry. Microsoft, yang menguasai 3,7% pasar smartphone, mengapalkan 8,7 juta perangkat Windows Phone pada kuartal kedua, meningkat dari perioda sama tahun lalu yang berjumlah 4,9 juta.

Kuartal kedua tahun ini Blackberry menjual 6,8 juta smartphone, turun 11,7% dibandingkan 7,7 juta yang dikirimaknnya tahun lalu. Pangsa pasar Blackberry kuartal kedua tahun ini turun menjadi 2,9%.

Tanggapan Kamu

komentar