Review Creative Sound Blaster Z

UjiAgus-Creative1

Sebagai salah satu pemain yang paling aktif di dunia audio terutama audio komputer, Creative dengan jajaran Sound Blaster-nya terus hadir dengan inovasi menarik. Setelah dengan seri X-Fi yang cukup populer beberapa tahun lalu, kemudian disusul oleh seri Recon3D, kini Creative kembali hadir dengan kartu suara Sound Blaster seri Z. Seri Z saat ini terbagi menjadi 3 varian, Z, Zx, dan ZxR.

Kali ini PCplus kedatangan varian value dari seri Z ini yaitu Sound Blaster Z. Selain dibanderol paling terjangkau, Cretive Sound Blaster Z ini juga menyertakan perlengkapan paling sederhana dibandingkan 2 varian lainnya. Meski begitu, fiturnya tetap lengkap dan cukup untuk memanjakan penggunanya.

Hadir dengan tema warna baru, Creative Sound Blaster Z tampil “gahar” dengan aksen dominan berwarna merah. Kartu suara ini juga sudah menggunakan pelindung interferensi elektromagnetik atau biasa disebut EMI Shield sehingga kualitas keluaran suaranya bisa maksimal. Menariknya, desain pelindung itu memiliki bagian transparan dengan menampilkan chip Sound Core3D serta dihiasi LED merah yang menyala terang ketika dipasang di PC. Tak lupa kartu suara ini sudah menggunakan interface PCI-Express x1.

Untuk koneksi, Creative Sound Blaster Z menyediakan port cukup lengkap baik analog maupun digital. Lima port stereo 3,5mm tersedia untuk koneksi analog yang terdiri dari 1 Line In/Mic In, 3 untuk keluaran multi kanal 5.1 serta 1 port khusus untuk headphone. Keluaran headphone ini dirancang khusus dan mampu untuk menangani headphone “berat” sampai 600 ohm. Sementara untuk digital, disediakan juga koneksi berjenis optikal.

Setelah memasang kartu suara ini, keluhan pertama PCplus adalah jarak antar port stereo yang cukup sempit terutama untuk multi kanal 5.1-nya. Solusinya adalah menggunakan konektor stereo yang lebih ramping atau menggunakan koneksi digital untuk keluaran multi kanalnya. Tapi ini bukan masalah kalau kamu hanya menggunakan speaker stereo saja. Adanya keluaran khusus headphone amat memudahkan sehingga kamu tidak perlu lagi “cabut colok” kalau ingin berpindah dari speaker ke headphone.

Salah satu fitur software andalan, SBX Pro Studio menyediakan banyak pengaturan untuk keluaran suara yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Salah satunya adalah efek Crystalizer yang terkenal itu. Efek ini dapat membantu memberikan definisi dari misalnya musik yang kamu putar, namun menurut PCplus, penggunaan efek diatas 50% malah membuat suara terdengar artifisial. Selain itu ada juga efek Surround untuk mensimulasikan efek suara surround meski sumber suaranya hanya stereo.

Creative Sound Blaster Z menyertakan sebuah microphone yang disebut beamforming microphone. Kombinasikan dengan fitur CrystalVoice, maka suara percakapan kamu akan terdengar jelas oleh lawan biaca/pendegar meskipun area sekitar kamu berisik atau kurang optimal. Buat para pemain game, fitur ScoutMode membantu mendeteksi suara seperti tembakan dan langkah kaki. Amat membantu di game FPS terutama kalau kamu menggunakan headphone.

Pada pengujian, kualitas suara yang dihadirkan kartu suara ini bagus, sedikit lebih bagus dari generasi sebelumnya misalnya X-Fi di kelas yang sama. Detail serta separasi alat musik terdengar jelas, dan penggunaan EMI Shield cukup membantu menghasilkan suara yang bersih. Yang paling terasa adalah mantapnya hantaman nada rendah atau bass yang dihasilkan. Terlihat bahwa kartu suara ini lebih cocok untuk digunakan bermain game, menoton film, serta mendengarkan musik yang garang.

 

UjiAgus-Creative-InsetSatu

Koneksi yang disediakan kartu suara ini terbilang lengkap. Termasuk port khusus headphone.

 

UjiAgus-Creative-Inset2

Kartu suara ini juga menyediakan header untuk front panel audio pada casing.

 

Spesifikasi:

InterfacePCI-Express x1
Audio ProsesorSound Core3D
Resolusi Maksimum24bit
Signal to Noise Ratio (SNR)116 dB
Dukungan Frekuensi Keluaran Maksimum5.1: 96kHzStereo Direct: 192kHz
Konektivitas
  • 3,5mm Headphone Out
  • 3,5mm Line Out x3
  • 3,5mm Line In/Microphone In
  • Optical S/PDIF Out
  • Optical S/PDIF In
Situswww.soundblaster.com
Harga*Rp. 1.290.000,-
Garansi1 Tahun

*Sarandra, (021) 6000300

 

+ Suara bagus, ada keluaran khusus headphone, konektivitas cukup lengkap, fitur banyak

–  Jarak port cukup sempit untuk multi kanal

 

Rating: 8,1 – Hot

 

Tanggapan Kamu

komentar