Traffik Internet Tertinggi di Indonesia Berasal dari PC

internet-speedometerJakarta, PCplus – Kendati perangkat mobile memiliki pertumbuhan tertinggi,  lalu-lintas data terbesar di Indonesia tetap berasal dari PC. Demikian laporan terkini yang dirilis Cisco Visual Networking Index (VNI) untuk Indonesia.

Dari catatan Cisco selama tahun 2012, sekitar 95% lalu lintas internet Indonesia berasal dari PC, dan pada tahun 2017 diperkirakan menurun ke angka 61%. Lalu siapa yang mengambil porsi PC tadi? Cisco menyebut bahwa perangkat bergerak (mobile) seperti smartphone dan tablet akan mengalami peningkatan signifikan, dari 5% pada 2012 menjadi 31% pada 2017.

Meningkatnya volume akses data ini secara langsung berpengaruh pada kecepatan rata-rata akses internet. Pada 2013 kecepatan rata-rata ini diperkirakan bakal mencapai 1.510Kbps (sekitar 1,5 Mbps) di 2017 atau 13 kali lebih cepat dibanding tahun 2012.

Laporan Cisco VNI juga mengatakan bahwa lalu lintas data mobile di Indonesia akan berkembang 16 kali lipat di rentang tahun 2012 sampai 2017, dengan rasio pertumbuhan sebesar 75% per tahunnya.

Menurut Managing Director, Cisco Indonesia, Stuart Hendry, dimasukkannya Indonesia dalam Cisco VNI tahun ini karena Indonesia dianggap sebagai salah satu negara dengan kekuatan penting di dunia. “Perekonomian digital yang terhubung di Indonesia akan menghasilkan inovasi perkotaan, mengubah perekonomian dan menyediakan peluang-peluang untuk rakyat Indonesia dengan keahlian-keahlian yang tinggi untuk menggerakkan Indonesia dari sebuah negara dengan perekonomian yang mengandalkan sumber daya menjadi negara yang mengandalkan layanan,” kata Hendry.

Dalam kesempatan yang sama, Cisco juga memperkenalkan Global Internet Speed Test (GIST), sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk mengukur  kecepatan internet untuk pengguna smartphone.

Exit mobile version