APK Liar Bikin Peluncuran BBM Multiplatform Ditunda

Screenshot_2013-09-18-14-54-04Jakarta, PCplus – Bukan cuma kisruh yang terjadi pada peluncuran perangkatnya beberapa waktu lalu di Indonesia, Blackberry kembali mengalami hal serupa pada rencana peluncuran aplikasi messengernya Sabtu (21/9) lalu.

Soal peluncuran perdana BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS memang jadi momen yang ditunggu hari itu. Namun apa daya, rencana peluncuran tersebut akhirnya berubah menjadi kendala teknis bagi perusahaan asal Kanada ini yang berujung pada penundaan peluncuran resmi BBM untuk Android. Aplikasi BBM untuk iOS pun kena getahnya, BlackBerry kembali menariknya dari Apple Store. Padahal beberapa negara sempat mecicipi aplikasi tersebut.

Dari informasi yang disampaikan BlackBerry melalui blog resminya disebutkan bahwa kendala ini disebabkan oleh munculnya aplikasi BBM non resmi yang disebarkan lewat blog, forum dan layanan penyimpan file online. “Akibatnya, versi yang belum pernah dirilis ini menyebabkan masalah, dan kami sedang mencoba menyelesaikan masalah ini sepanjang hari,” tulis Luke Reimer, Manajer Bisnis Media Sosial BlackBerry.

Menurut Reimer, jumlah pengguna BBM ini bertambah menjadi 1,1 juta orang dalam waktu delapan jam. Namun, banyaknya pemakaian aplikasi BBM tak resmi menyebabkan masalah teknis bagi BlackBerry.

Tim teknis BlackBerry mengaku tetap berusaha membawa BBM di perangkat Android dan iPhone. Untuk sementara, perusahaan harus menarik kembali aplikasi BBM yang telanjur beredar, termasuk dari toko aplikasi online Apple App Store.

Kendati demikian, Reimer mengatakan, pelanggan yang sudah mengunduh BBM di iPhone tetap bisa menggunakan BBM. Aplikasi BBM untuk iPhone sempat tersedia di Apple App Store pada Sabtu (21/9/2013) sejak pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, aplikasi BBM di Android yang masih dalam tahap uji coba atau tidak resmi akan dinonaktifkan. Pengguna Android yang telanjur mengunduh aplikasi tersebut harus mengunjungi situs web www.bbm.com untuk mendaftar dan update aplikasi BBM resmi untuk Android.

Sampai saat ini BlackBerry belum mengungkap kapan perusahaan akan kembali merilis aplikasi BBM resmi untuk Android dan iPhone. (Aditya Panji/Kompas.com)

Tanggapan Kamu

komentar