Nokia Sekarang Milik Microsoft

nokia-logoJakarta, Selasa – Microsoft sepakat mengakuisis bisnis telepon genggam milik Nokia. Perusahaan yang sudah sekitar 2 tahun mengadopsi perangkat lunak perusahaan Bill Gates ini dikabarkan dibeli seharga 5,44 miliar euro, atau sekitar 7.2 miliar dolar Amerika.

Lalu bagaimana kelanjutan Nokia selanjutnya? Menurut rilis media yang dikeluarkan Nokia, perusahaan Finlandia ini akan berfokus pada teknologi jaringan dan paten portofolio yang saat ini dimilikinya. Beberapa teknologi tersebut antara lain infrastruktur jaringan Nokia Siemens Network (NSN), layanan pemetaan dan lokasi Nokia HERE dan pengembangan teknologi serta lisensi yang dimiliki Nokia Advanced Technologies.

“Setelah melewati proses penaksiran untuk meningkatkan nilai bagi pemegang saham, termasuk mempertimbangkan beragam alternatif lain, kami percaya transaksi ini adalah jalan terbaik bagi Nokia dan para pemegang sahamnya,” kata Risto Siilasma,┬áChairman Nokia Board of Directors. Risto selanjutnya akan memegang tampuk pimpinan sementara sebagai CEO Nokia menggantikan Stephen Elop yang pindah ke Microsoft.

Sebagai bagian dari transaksi ini, Nokia bakal membuka lisensi non ekslusifnya kepada Microsoft untuk 10 tahun kedepan. Mircrosoft pun bakal memberikan hal timbal balik terkait penggunaan layanan HERE milik Nokia.

Proses akuisisi ini diharapkan selesai pada kuartal pertama 2014.

 

Tanggapan Kamu

komentar