Solusi Sudoku untukLindungi Hak Cipta Foto & Gambar

sudokuJAKARTA, SELASA – Pernah jengkel gara-gara foto, image, atau grafis yang kamu buat dipakai di web tanpa seijinmu? Biasanya sih, fotografer berusaha melindungi foto-foto yang ditayangnya  di web dengan teknik digital watermarking. Namun tanda air digital itu bisa saja dibuang ‘pembajak’.

Nah sebuah teknik perlindungan baru ditawarkan oleh ilmuwan komputer di Malaysia. Dalam International Journal of Grid and Utility Computing, tim yang dipimpin Shamsul Khalid dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia di Johor itu menuliskan bagaimana sistemnya bisa mencegah sembilan percobaan men-crop watermark dari 10 percobaan.

Shamsul dkk, begitu tulis TGDaily, menggunakan solusi game angka Sudoko 9×9 – terdiri dari image kedua yang dipikselisasi – untuk membuat watermark yang terbagi rata di dalam sebuah image. Teknik ini mencegah cropping otomat dan penambahan noise berdasarkan bots dan tool lain yang mengambil image dari websites dan menambahkannya ke database ilegal untuk dijual kembali tanpa ijin atau disebarkan ke websites lain yang butuh gambar unik tertentu tapi tidak mau membayar.

Shamsul dkk menggunakan permutasi baris dan kolom dalam solusi Sudoko untuk membuat dan mendeteksi digital watermark yang tak kasat mata yang ditimpakan di atas sebuah image dengan penyebaran acak. Jika pembajak gambar men-crop sebagian image, kemungkinan besar sebagian watermark tetap melekat di gambar sehingga watermark utuh bisa diambil melalui solusi Sudoko yang tepat dan presisi.

Pengujian awal menunjukkan bahwa dengan 81 solusi Sudoko 9×9 tim tersebut bisa mencegah 94% percobaan cropping. Saat ini mereka menerapkan 256 Sudoko 16×16, yang lebih kuat. Watermark “anti-cropping” terbaik sebelumnya mencatatkan resistansi hanya 75%.

O ya, pendekatan Sudoku ini tidak mengharuskan peneliti atau pihak berwewenang memiliki akses ke image asli. Berdasarkan hubungan antara watermark yang terpulihkan sebagian dan yang utuh, pendekatan Sudoku ini bisa memutuskan apakah image yang dibajak itu mengandung watermark yang terlindung hak cipta.

Tanggapan Kamu

komentar