Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

Waduh, BlackBerry Dikabarkan akan PHK Pekerjanya

BlackBerry-Logo-Mobile-20121JAKARTA, JUMAT – Masa depan produsen ponsel asal Canada, BlackBerry, makin suram. Terhembus kabar dari Wall Street Journal yang dikutip oleh the Inquirer, BlackBerry berencana mem-PHK 40% dari tenaga kerjanya sebelum akhir tahun. Ini agar mereka lebih mudah menjual perusahaan.

Rencana pemutusan hubungan kerja ini diperkirakan akan mempengaruhi sekitar 12.700 karyawan BlackBerry dan dilakukan secara bertahap.

Kabar rencana PHK ini tersiar hanya sekitar sebulan setelah BlackBerry mengumumkan akan mempertimbangkan joint venture dan bahkan menjual perusahaan. Pangsa pasar BlackBerry selama ini memang terus tergerus. Smartphone BlackBerry 10-nya harus bersaing kuat dengan para pemain iOS dan Android. BlackBerry bahkan tidak bisa mempertahankan posisi ketiganya dari Windows Phone (Nokia Lumia).

Namun BlackBerry masih terus berjuang dengan meluncurkan produk-produk baru. Tawaran mutakhirnya adalah BlackBerry Z30 dengan layar 5”. Smartphone papan-atas ini diharapkan bisa menyaingi Samsung Galaxy S4, HTC One dan Sony Xperia Z1. BlackBerry juga baru saja meluncurkan BBM apps untuk iOS dan Android. Sedangkan di Indonesia, Indosat baru saja menggelar update dan showcase Indosat BlackBerry Enterprise Service (BES) 10.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer