Review LG Optimus G

UjiSeptember-LGOptimusG-Utama

Sekilas, kemiripan antara LG Optimus G dengan LG Nexus 4 tidak akan terlihat dari tampang sisi depan. Ini karena aksen metalik yang ada di LG Optimus G tidak ditemukan pada LG Nexus 4. Namun, ketika kamu melongok ke area belakang, pendaran hologram yang muncul akan mengingatkan langsung pada Nexus 4. Jujur, PCplus menyukai desain hologram tersebut yang memberikan kesan futuristik sekaligus keren.

Secara umum, desain LG Optimus G terasa simpel, namun tetap elegan karena kombinasi aksen metal serta mayoritas badan yang mengilap. Namun, desain seperti ini akan cepat “kotor” dengan jejak jemari penggunanya. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati karena badan bagian belakang bisa saja tergores ataupun retak seandainya kamu menjatuhkan smartphone ini. Pada LG Optimus G kamu juga akan menemukan bahwa tombol On/Off ada di sisi kanan, tidak lagi di bagian atas. Sementara, tombol volume berada di sebelah kiri.

LG Optimus G juga dilengkapi dengan layar 4,7″ beresolusi 768×1280 piksel seperti LG Nexus 4. LG menggunakan teknologi Zerogap touch. Teknologi ini menghilangkan lapisan film serta lapisan udara di antara lapisan kaca serta sensor layarnya. Hasilnya layar tersebut 27% lebih tipis. Selain itu, tampilan pun terlihat lebih jelas berhubung teknologi ini juga membantu mengurangi pantulan di layar. Seperti biasa, layar ini dilindungi pula oleh Gorilla Glass 2.

Menggunakan SoC Snapdragon S4 Pro serta memori utama 2GB, LG Optimus G berjalan cepat dan mulus. Salah satu fitur lain yang menarik adalah adalah Q-Slide. Q-Slide ini adalah fitur multi-tasking dengan deretan beberapa aplikasi mini yang bisa dijalankan bersamaan dengan apa yang sedang kamu lakukan saat itu. Misalnya, kamu tetap dapat berselancar sambil membalas pesan, atau meluncurkan note ketika ada yang ingin kamu catat dari situs tertentu. Beberapa aplikasi Q-Slide antara lain browser, kalender, kalkulator, note, dan video player.

LG Optimus G dibekali dengan kamera 13MP. Sistem kamera ini dikembangkan sendiri oleh LG yaitu LG Innotek yang bertujuan untuk menghasilkan modul kamera dengan hasil berkualitas tapi tetap tipis. Ketika PCplus coba, kamera pada LG Optimus G ini terlihat lebih baik dari seri-seri sebelumnya, terutama pada kondisi remang. Sayang, ia tidak lebih baik dari kamera 13MP smartphone lain di kondisi remang itu. Lain halnya ketika kondisi cahaya optimal, hasilnya tajam dengan warna cukup akurat. Meskipun begitu, noise reduction-nya cukup agresif sehingga terkadang detail kecil hilang.

Optimus G memang benar adanya smartphone keluaran LG yang jempolan. Sayang, kompetisi smartphone di kelas ini menawarkan beberapa hal yang lebih baik terutama pada spesifikasi.
 

www.lg.com/id/mobile-phone
Erafone
(021) 6514355
Rp. 5.499.000,-
1 Tahun

 

 

UjiSeptember-LGOptimusG-Inset1

Modul kamera besutan LG Innotek ini mempunyai spesfikasi yang tinggi, sayang hasilnya tidak terlalu istimewa.

 

UjiSeptember-LGOptimusG-Inset2

Untuk mengakses slot micro-SIM, kamu perlu sebuah alat bantu untuk mengeluarkan tray-nya.

 

 

Spesifikasi:

Prosesor

Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 1,5GHz (quadcore)

Memori Utama

2GB

Kartu Grafis   

Adreno 320

Media Simpan Internal

16GB (14,4GB yang tersedia)

Wireless

HSPA+, 802.11a/b/g/n WLAN, Bluetooth 4.0, GLONASS, NFC

Kamera

13 Megapiksel (belakang), 1,3 Megapiksel (depan)

Lain Lain

Gorilla Glass 2, DLNA, Wi-Fi Direct, HDMI Out (via MHL)

Layar

True HD IPS Plus 4,7″ 768×1280 piksel

Sistem Operasi

Android 4.1.2

Bobot

139gr

 

 

Hasil Uji:

 

Quadrant Advanced 2.1

Total     6907

 

Linpack Android

Single Thread      215,5 MFLOPS

Multi Thread        506,5 MFLOPS

 

Smartbench 2012

Productivity      5004

Games             3036

 

NenaMark2      59,9 fps

 

 

+ Kinerja tinggi, layar bagus, desain menarik, fitur software menarik.
–  Tanpa slot microSD, kualitas kamera tidak terlalu istimewa.

Rating: 8,0 – Hot

 

 

(Foto : infogadget.com, hardware.info)

 

Tanggapan Kamu

komentar