Apple Gratiskan Upgrade OS X Mavericks

osx-maverick

Jakarta, PCplus – Apple Inc., baru saja mengumumkan versi teranyar dari sistem operasi Mac OS X-nya, Maverick, alias Mac 10.9. Ada yang menarik perhatian di OS baru ini, bukan cuma fiturnya yang keren, harga lisensinya pun murah, 0 (nol) dolar.

Ya, Apple merilis gratis Maverick untuk para pengguna setia Mac. Sistem operasi baru ini bisa didapat tanpa biaya apapun melalui Mac App Store. Pengguna cukup menekan tombol Upgrade, dan OS pun langsung diunduh dan diinstall otomatis. Tentu saja ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik perangkat Mac yang memenuhi syarat minimal Maverick.

Sebenarnya Apple tidak sendiri menelurkan upgrade gratisan ini. Sebelumnya, perusahaan perangkat lunak milik Bill Gates, Microsoft, juga menggelontorkan update gratis untuk versi sistem operasi Windows 8.1-nya meskipun dengan syarat harus berasal dari pemiliki Windows 8 original.

Tren upgrade murah memang sedang menjangkiti para pembuat sistem operasi utamanya yang menyasar pengguna akhir. Sistem berbasis Unix dan turunannya sudah lebih dulu tidak memungut lisensi untuk setiap distribusi sistem operasinya, belakangan ini diikuti juga oleh Google dengan Androidnya meskipun dengan skema lisensi tak langsung (lewat pembuat perangkat smartphone).

Sebelumnya, untuk upgrade sistem operasi Apple membandrolnya seharga 129 dolar Amerika, lalu turun menjadi 29 dolar saat versi OS X 10.6 Snow Leopard dibesut. OS X 10.8 adalah update terakhir yang dipublikasikan dengan lisensi (19 dolar Amerika).

 

Tanggapan Kamu

komentar