Diperkenalkan, Jam Tangan Samsung yang Bisa Bertelepon dan Memotret

samsung galaxy-gearJAKARTA, SELASA – Tampilannya keren, besar, persis jam tangan gaul masa kini. Sekilas, terkesan berat. Nyatanya, nyaman dipakai karena bobotnya hanya 72 gram. Namun ini bukan sembarang jam tangan.

Ini jam tangan pintar Samsung Galaxy Gear. Ia dimotori sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan punya prosesor 800MHz dengan RAM 512MB dan memori internal 4GB. Maka Gear tak hanya mampu menampilkan waktu, tapi juga dipakai menelepon, memotret, merekam video, bahkan diperintah melalui suara.

Loh kok bisa memotret? Bisa, karena di sisi kiri luar ‘gelangnya’ tertanam sebuah lensa dengan resolusi 1,9 megapiksel.  PCplus sempat mencoba fitur kamera Galaxy Gear. Lensanya ditempatkan di sisi kiri luar gelang, jadi kalau mau memotret kamu harus mengangkat dan memiringkan pergelangan tangan. Namun penempatan lensa ini menguntungkan bagi kamu yang suka mengambil candid photo/video.samsung galaxy-gear--lensa

Sayangnya rekaman video dibatasi sepanjang 15 detik, dan kualitasnya agak rendah dibandingkan kamera yang tertanam di smartphone ‘biasa’.  Selain itu  karena flash tidak dibenamkan, tidak disarankan untuk merekam di kondisi kurang cahaya.

Galaxy Gear dijadwalkan meluncur bersamaan dengan smartphone Samsung Galaxy Note 3. Karenanya jam tangan pintar ini disebut-sebut Samsung merupakan pendamping setia Galaxy Note 3. Apa sih maksudnya? Begini, fungsi Gear bisa diaplikasikan di Note 3. Tepatnya, Gear dan Note 3 direkomendasikan untuk selalu terhubung via Bluetooth. Jadi semua data yang diterima jam tangan pintar ini akan disinkronisasikan dengan Note 3.

Kartu SIM yang terpasang di smartphone Samsung Galaxy Note 3 (berikut koneksi WiFi atau 3G) akan bertanggung jawab untuk semua pemberitahuan teks dan panggilan yang diterima Galaxy Gear. Di layar nanti akan muncul menu Notification. Ah tapi kamu tak perlu setel ini itu di Note 3 untuk sinkronisasi. Semua fitur itu akan aktif begitu perangkat kamu keluarkan dari kardusnya. O ya kalau kamu sudah punya Galaxy S4, update software sedang disiapkan Samsung.

Saat tidak terkoneksi dengan smartphone Samsung Galaxy, Galaxy Gear menjadi penunjuk waktu. Waktu (boleh diatur digital atau analog melalui Settings) dimunculkan di layar AMOLED seluas 1,63 inci.  Kalau tampilan layarnya meredup dan kamu mau tahu jam berapa sekarang, goyangkan pergelangan tanganmu. Maka layar akan aktif menampilkan waktu. Kok harus digoyang? Karena jam tangan ini pakai sensor accelerometer.

Eh layar dengan resolusi 320×320 ini layar sentuh loh. Responsif! Sapukan jemari ke kanan atau kiri dari home screen untuk mengakses roda menu utama yang memunculkan 10 opsi: Time, Notifications, S Voice, Voice Memo, Gallery, Media Controller, Pedometer, Settings, Apps, Logs, dan Contacts.. Sapukan ke bawah untuk keluar dari menu. Sapukan jemari ke bawah dari home page untuk mengakses kamera. Sapuan ke atas memunculkan roda dial.

Apa sih S Voice? Ini adalah perintah suara, mirip Siri di Apple iPhone. Ucapkan perintah, misalnya “text Chika”, maka Galaxy Gear akan mencoba melakuka perintah tersebut. Kalau Voice Memo adalah  memo berupa suara yang kamu rekam sendiri. Kamu juga bisa merekam percakapan atau suara-suara lain.

Kamu juga bisa memutar musik yang bercokol di Note 3 dari pergelangan tanganmu (alias dari Gear). Pakailah Media Controller. Dengannya kamu bisa men-skip, pause, juga mengendalikan volume musik.

Yang menarik, kamu bisa menelepon melalui jam tangan tanpa mengeluarkan smartphone dari kantong celana. Daftar kontak di telepon bisa kamu lihat dari menu Contacts pada jam, lalu kamu tinggal pilih nama yang akan kamu panggil dan bercakap-cakap via mikropon dan speaker yang tertanam di jam.  Agak aneh, tapi anggap saja kamu adalah James Bond.

Terbersit dalam pikiran PCplus mengenai ketahanan baterai Gear. Menurut Febri Rusli (Mobile Phone Business, Product Marketing Manager, Samsung Electronics), baterai 315mAh yang tertanam di Gear bisa bertahan sekitar 20 jam. “Harus charge setiap hari. Kalau tidak connect (dengan smartphone) (bisa bertahan) sekitar empat hari,” katanya.  Baterai Gear diisi ulang melalui docking khusus yang ditempel di jam.

GALAXY Gear1Tertarik untuk memiliki Galaxy Gear? Kamu harus bersabar sampai akhir bulan. Lalu berapa harganya? Menurut Febri tak sampai Rp 10 juta. O ya secara tampilan, Galaxy Gear minimalis dengan hanya satu tombol fisik di badannya. Namun ini justru mengentalkan kesan mahal dan modern. Yang PCplus coba saat demo akhir pekan lalu (26/9/2013) berwarna hitam. Namun nantinya akan ada lima warna lain: Mocha Gray, Wild Orange, Oatmeal Beige, Rose Gold dan Lime Green.

Tanggapan Kamu

komentar