Samsung Didenda akibat Astroturfing

samsungLembaga Fair Trade Commision (FTC) Taiwan menjatuhkan denda sebesar US$ 340 ribu atau sekitar Rp.3,7 milyar karena melakukan astrosurfing alias membayar orang untuk menulis komentar negatif terhadap produk pesaing. Selain Samsung, dua organisasi marketing lokal juga mendapat denda karena membantu astrosurfing tersebut.

Berdasarkan penyelidikan FTC Taiwan, Samsung terbukti mengorganisasi penulis dalam jumlah yang besar untuk menjelek-jelekkan produk pesaing di mobile casino sebuah forum internet Taiwan. Pihak FTC tidak menyebutkan siapa kompetitor yang dijelek-jelekkan tersebut, namun berdasarkan artikel BBC April lalu, korbannya adalah HTC. Modus yang digunakan penulis yang rata-rata mahasiswa itu adalah mengklaim perangkat HTC sering crash, menyangkal ulasan negatif mengenai produk Samsung, dan memuji-muji secara berlebihan produk keluaran Samsung.

Samsung Taiwan sendiri telah mengakui hal tersebut dan menghentikan semua aktivitas marketing yang melibatkan astrosurfing tersebut. Mengenai penyebab insiden tersebut, Samsung Taiwan menyebut ketidakpahaman sebagian karyawannya akan nilai-nilai kejujuran dan transparansi yang dianut Samsung.

Ini adalah kali kedua Samsung dijatuhi denda oleh FTC Taiwan. Awal 2013, Samsung dianggap bersalah karena menyajikan iklan yang kurang akurat mengenai fungsi kamera di Samsung Galaxy Y Duo.

Tanggapan Kamu

komentar