Sony Xperia Z1; Layar Lebih Jernih, Kamera makin Canggih

Sony Xperia Z1

Jakarta – Satu ponsel tahan air lainnya kembali diperkenalkan Sony Mobile, Sony Xperia Z1. Ponsel ini merupakan suksesor dari Xperia Z yang diperkenalkan tahun lalu. Spesifikasi tahan airnya serupa dengan Xperia Z Ultra, IP55/58. Selain itu, Sony juga meningkatkan performa layar dan kamera miliknya dari Xperia Z dan Xperia Z Ultra.

Layar Jernih

Layar dengan Triluminos (kanan) yang menampilkan jangkauan warna lebih kaya

Layar dengan Triluminos (kanan) yang menampilkan jangkauan warna yang lebih kaya

Dengan dimensi yang sedikit lebih besar dari Xperia Z, Z1 meningkatkan kemampuan layarnya dengan teknologi pemroses gambar baru, Triluminos dan X-Reality display. Kedua teknologi ini menggantikan Bravia Engine 2 yang sebelumnya digunakan di Xperia Z. Dengan Triluminos, layar Xperia Z1 mampu menampilkan warna yang lebih kaya dan dalam ketimbang layar yang dipakai Sony pada Xperia Z. Sebelumnya, warna layar Xperia Z tampak seperti tersaput kabut. Namun, layar Z1 kini menampilkan warna yang lebih jernih. Layar dengan teknologi yang sama juga digunakan pada Xperia Z Ultra. Cek link dari MobileGeek berikut untuk membandingkan layar Triluminos dengan layar Super Amoled-nya Samsung dan SuperLCD-nya HTC One.

X-Reality memberi gambar yang lebih tajam dan detail

X-Reality yang diklaim lebih tajam dan detail

Triluminos adalah teknologi jangkauan gamut warna (jangkauan warna yang bisa dihasilkan oleh suatu alat) yang lebih luas. Perluasan gamut warna ini dilakukan dengan penggunaan “quantum dots”. Quantum dots ini adalah partikel sangat kecil yang memancarkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang kita lihat sebagai warna-warna yang berbeda. Optimalisasi titik quantum ini membuat jangkauan warna lebih luas sehingga warna yang kita lihat jadi lebih jelas dan tampak nyata. Sementara X-Reality engine, yang merupakan penerus dari Bravia engine 2, digunakan untuk menganalisa informasi gambar yang dikirim ke layar, dipecahkan, dan ditingkatkan dalam hal ketajaman, saturasi, kontras, dan mengurangi noise gambar.

Kamera Canggih

G Lens Xperia Z dengan f2 dengan sensor Exmor RS custom di belakangnya

G Lens Xperia Z dengan f2 dengan sensor Exmor RS custom di belakangnya

Keunikan lain dari Xperia Z1 terletak pada kemampuan kameranya. Sony membenamkan berbagai teknologi dari jajaran kamera Sony untuk mengembangkan kamera pada smartphonenya ini. Untuk lensa, Sony memiliki “G Lens” dengan wide angle 27mm dan aperture F2.0. Dengan lensa ini kamu bisa mengambil 61 gambar dalam 2 detik dengan mode Timeshift burst. Kemudian kamu tinggal memilih gambar mana yang terbaik untuk disimpan ke dalma memori. Dalam presentasinya, Sony menyebutkan bahwa Z1 menggunakan sensor gambar CMOS Exmor RS yang di custom dengan ukuran 1/2,3. Ukuran yang lebih besar dari sensor kamera kebanyakan. Resolusi kamera yang ditawarkan sebesar 20.7MP. Sony juga menyertakan mesin pemroses gambar BIONZ (yang ada di jajaran kamera Cyber Shootnya) untuk ponsel.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan flash sehingga memudahkan pengambilan gambar pada kondisi kurang pencahayaan. Flash ini tidak tersedia pada Z Ultra. Z1 juga dilengkapi dengan tombol kamera fisik di bagian samping. Sehingga, memudahkan mengambil gambar saat berada didalam air. Pada Xperia Z, pengambilan gambar didalam air dimungkinkan kalau kamu sudah menekan tombol rekam saat masih dipermukaan. Sebab di dalam air, layar sentuhnya jadi tak responsif.

Timeshift burst, mampu mengambil 61 gambar dalam 2 detik

Timeshift burst, mampu mengambil 61 gambar dalam 2 detik

Bodinya masih menggunakan kaca yang dikeraskan dibagian depan dan belakangnya. Sementara bagian samping bodi, ditambahkan lempengan aluminium untuk memperkokoh tampilan bodi Z1. Xperia Z1 yang tersedia dalam pilihan warna hitam, putih dan ungu ini menggunakan layar 5inci, membuat bodinya masih cukup nyaman digenggaman. Meski demikian, ponsel ini masih kalah tipis dari Xperia Z Ultra dan sedikit lebih tebal dari Xperia Z. Untuk perkara audio, Sony masih mempertahankan walkman dengan ClearAudio+. Perangkat lunak ini  secara otomatis mengoptimalkan audio sesuai dengan musik yang sedang dimainkan tanpa harus kamu atur secara manual. Memori yang disediakan sebesar 2GB RAM, flash memory hingga 16GB, slot microSD hingga 64GB. Baterai yang digunakan 3000mAh, cukup besar agar ponsel bisa bertahan sehari semalam. Ponsel ini tersedia di Indonesia pada 21 Oktober 2013 seharga Rp 8.499.000,-.

Tanggapan Kamu

komentar