Wah, Android Dipasang HP di PC All-in-One

hp slate21JAKARTA, KAMIS – Tak hanya smartphone dan tablet atau notebook (termasuk notebook hibrid) loh yang ber-OS Android. PC all-in-one juga sudah ada yang Android.

Adalah HP yang menawarkannya dengan nama HP Slate 21 All-in-One. Sesuai angka di namanya, ukuran layar PC all-in-one dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean ini 21”, atau tepatnya 21,5”. Layarnya tentu saja layar sentuh. Tipenya IPS LED backlit widescreen Full HD dengan dua titik sentuh. Kamu bisa memosisikan layar ini sampai kemiringan 70 derajat.

Begitu dinyalakan (butuh sekitar 10 detik) dan logo HP hilang, di layar akan tampil homescreen. Homescreen ini tak beda dengan yang ditampilkan smartphone atau tablet Android lainnya.

Buat apa sih HP bikin PC all-in-one yang pakai OS Android? “Agar orang-orang (baca: anggota keluarga) di rumah bisa main (game) bersama. Untuk menyatukan kembali keluarga di rumah. Targetnya adalah keluarga dan bisnis kecil seperti butik untuk browsing katalog,” jelas Ellya (Business Development Manager – Tablets, Printing & Personal Systems Group, Hewlett-Packard Indonesia) di acara Exclusive Media Briefing di Jakarta kemarin siang (23/10/2013).

HP memasangi Slate 21 All-in-One-nya dengan prosesor quad-core Nvidia Tegra T405 dengan chipset ARM Cortex-A15, GPU grafis 72-core, memori SDRAM DDR3 1GB 800MHz dan storage memori flash eMMC 8GB.  Speaker hadir di sepanjang bingkai bawah layar. Tombol power, pengatur volume dan tingkat kecerahan (brightness) ada di sisi kanan. Di sisi kiri hadir satu port USB 2.0, audio jack 3,5mm, card reader SD. Port-port lain (dua port USB 2.0, satu port RJ-45) disembunyikan di bagian belakang.

Fitur nirkabel Slate 21 sama dengan yang ada di notebook hibrid HP SlateBook x2, yakni Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dan Bluetooth 3.0. Combo jack headphone/mikropon juga sudah terpasang, seperti juga webcam HP TrueVision HD 720.

Kendati mengemaskan layar sentuh, HP tetap menyertakan mouse berkabel untuk all-in-one-nya, lengkap dengan keyboard yang juga berkabel. Di all-in-one-nya ini HP juga sudah mengemaskan sejumlah software. Mencetak nirkabel juga bisa loh, karena sudah tersedia HP ePrint Home and Biz, juga HP Printer Control.

Mau ngobrol? Aada Google Talk, Google Hangouts. Untuk game, ada Google Play for Games. Mau ngetik dokumen? Pakai saja Kingsoft Office, atau Evernote. Sementara untuk menyimpan dokumen, ada Box.net dengan kapasitas gratis 25GB. Dukungan Google Apps, termasuk YouTube, Google Street View, juga tentu saja ada dong. Kalau mau mengontrol PC dari jarak jauh, manfaatkan saja software Splashtop 2 HD.

O ya, karena ditujukan untuk pemakaian bersama dalam satu keluarga, setiap pengguna bisa membuat password masing-masing untuk folder dan aplikasi pribadinya. Untuk login , mereka juga bisa pakai pengenalan wajah (Face Unlock). Alternatifnya, bisa mengikuti pola tertentu di layar. Face Unlock ini bisa diseting untuk maksimal lima pengguna.

Harga PC all-in-one berbasis Android HP ini sangat menarik. Perangkat dengan dimensi 53,09×6,7×35,38 cm ini dijual Rp 3.999.999. Bobotnya tak terlalu berat, 5,3kg. “Jadi mudah dipindah-pindahkan, misalnya ke dapur untuk menemani ibu masak sambil melihat siaran TV,” kata Ellya. Eh iya, all-in-one ini memang bisa dipakai nonton siaran TV.

Tanggapan Kamu

komentar