Review Brinno TLC 200 Time Lapse Camera

brinno-tlc200-1Kamera, PCplus – Pernah lihat video time lapse? Video ini biasanya menampilkan pergerakan alam yang sangat cepat, seperti bunga yang mekar, awan yang bergerak, perpindahan antara siang ke malam, matahari terbit dan lain sebagainya. Video time lapse dibuat dalam durasi singkat, mungkin hanya satu sampai dua menit, tapi bisa menangkap momen yang butuh waktu rekam berbulan-bulan. Lho, bagaimana membuatnya?

Salah satunya dengan menggunakan kamera khusus yang memiliki fitur time lapse. Dengan kamera ini kamu akan “memanipulasi” waktu, caranya dengan mengambil gambar obyek dalam interval tertentu, misal foto diambil setiap 1 detik, 30 detik,  1 menit atau berapapun bergantung pada cepat atau lambatnya perubahan/pergerakan obyek. Foto-foto seri ini lantas digabung menjadi satu video utuh yang diputar hanya dalam beberapa menit menggunakan aplikasi penyunting foto atau video.

Kalau semua langkah di atas dilakukan manual, tentu akan memakan waktu dan tenaga. Nah, Brinno TLC200 ini hadir untuk membantu kamu menyelesaikan video time lapse tanpa harus melalui semua tahapan tadi. Kamu cukup mencari obyek menarik, mengatur posisi kamera, atur jeda pengambilan gambar dan tekan tombol start, selesai. Brinno akan melakukan sisanya secara otomatis, termasuk membuat video akhir untuk kamu. Hebat kan.

Fitur Lengkap

Brinno TLC200 hadir dengan fitur yang cukup lengkap untuk sebuah kamera time lapse. Ia memiliki fasilitas pengaturan interval pengambilan gambar yang beragam, mulai dari seatu detik sampai hitungan menit. Bekal lensanya sudut lebar, sehingga memudahkan menangkap area yang luas (sudut 140 derajat) dari jarak yang tidak terlampau jauh.  Ditambah, posisi kepala kamera yang bisa dinaik-turunkan untuk mengatur sudut pengambilan.

Kameranya juga memiliki bukaan (f-stop) 1,2 atau bukaan besar. Ini berarti ia masih bisa menangkap cahaya dengan baik meskipun di tempat temaram.  Ada juga LCD berukuran 1,44 inci untuk mengatur komposisi awal serta menampilkan menu. LCD ini akan otomatis dimatikan saat perangkat mulai beroperasi mengambil gambar, tujuannya untuk menghemat baterai.

Bicara soal baterai, Brinno TLC200 ini didayai oleh empat buah baterai AA. Dengan kondisi baterai penuh, Brinno mengklaim bisa dioperasikan selama 120 hari atau mengambil 300 ribu gambar tanpa henti.

Cukup Kartu SD

Untuk menyimpan semua gambar yang diambil Brinno, kamu butuh setidaknya kartu SD berukuran 4GB. Tapi ini tergantug resolusi, interval dan berapa lama gambar diambil. Kartu SD cukup diselipkan di slot yang tersedia di sisi kiri perangkat. Di sisi yang sama juga ada port USB untuk transfer video dari kartu memori ke PC.

Kesimpulan

Dari hasil coba-coba PCplus, membuat time lapse menggunakan kamera ini memang menyenangkan. Seluruh fitur di kamera bisa dikendalikan dengan mudah lewat tombol dan layar LCD-nya. Kekurangan kamera ini adalah kualitas foto pada tempat rendah cahaya. Kami mendapatkan noise yang cukup mengganggu jika cahaya dalam ruang terlampau minim. Masalah lain ada pada tingkat kestabilan cahaya saat direkam. Di beberapa frame foto, eksposur foto kadang meredup sehingga video time lapse kadang terlihat berkedip.

Plus: Penggunaan mudah, hemat daya, sudut lensa bisa disesuaikan, resolusi tinggi

Minus: Kualitas di cahaya temaram, kualitas lensa.

PCplus Rating: [xrr rating=7/10]

 

Tidak banyak tombol yang terlihat di bagian belakang Brinno TLC200. Ini untuk memudahkan kamu mengoperasikan perangkat.

Tidak banyak tombol yang terlihat di bagian belakang Brinno TLC200. Ini untuk memudahkan kamu mengoperasikan perangkat.

Kompatemen baterai terletak di bagian bawah. Ini pula yang membuat badan perangkat terlihat bongsor.

Kompartemen baterai terletak di bagian bawah. Ini pula yang membuat badan perangkat terlihat bongsor.

Kamera ini menggunakan kartu memori SD/SDHC untuk menyimpan file gambar dan video.

Kamera ini menggunakan kartu memori SD/SDHC untuk menyimpan file gambar dan video.

[ws_table id=”1″]

 

Tanggapan Kamu

komentar