Tutorial Blender: Bikin Pesta Kembang Api 3 Dimensi

gambar1

Masih ingat nggak kembang api yang biasanya ada pada saat pesta tutup tahun? Kerenkan? Sekarang kita akan belajar membuat animasi kembang api yang sederhana dengan Blender. kita akan memanfaatkan fitur particles.

Persiapkan piranti untuk membuat animasi Pesta Kembang Api. Kamu dapat mengunduh file sumber tutorial ini di http://pendek.in/01opv. Sementara hasil akhirnya bisa dilihat  di http://pendek.in/01oox. Bagi yang belum download Blender silahkan unduh di http://www.blender.org/download, pilih sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Jangan lupa simak juga tutorial Hujan Bola di Afrika agar semakin lancar beranimasi dengan Blender.

Jika semua sudah siap, berikut langkahnya :

  1. Jalankan Blender versi 2.5 Alpha 2
  1. Masuk Edit Mode (TAB) > Seleksi tujuh verticles > Delete ke tujuh verticles tersebut. Setelah itu pindah ke Front View (Numpad 1)
    gambar2

  1. Pada front view dan masih dalam edit mode tekan Shift + S (Snap) > Selection to Cursor. Setelah itu Add Material > Beri nama Kuning.Add Material lagi dan tekan angka 2 di sebelah nama Material. Ganti nama material Kuning.001 menjadi Merah.

    Pilih Material Kuning lalu pilih Halo beri warna kuning, Rings: 4 warna merah dan Lines: 4 warna merah. Sedangkan pada Material Merah pilih Halo beri warna Rings: 1 warna kuning dan Lines: 4 warna merah.
    gambar3

  1. Masuk ke Particles > Add dan beri nama Sebar. Settingan untuk Particles Sebar:
  • Bagian Emission: Ammount: 1000, Start dan End 51, Lifetime: 100, Random: 0
  • Bagian Velocity: Normal: 7.386, Z: -9.808, Object: 0.710, Random: 40
  • Bagian Physic: Aktifkan Newtonian, Brownian: 0.370, Drag: 0.016, Damp: 0.129
  • Bagian Render: pilih Material 1, Aktifkan Emiter dan Halo, Trail Count: 4

             gambar4

  1. Add Particles lagi beri nama luncur. Settingan Particles Luncur:
  • Bagian Emission: Ammount: 1000, Start: 1, End 50, Lifetime: 25, Random: 0.371
  • Bagian Velocity: Normal: 0, Z: 0, Object: 0, Random: 0.402
  • Bagian Physic: Aktifkan Newtonian, Brownian: 0, Drag: 0, Damp: 0
  • Bagian Render: pilih Material 2, Aktifkan Emiter dan Halo, Trail Count: 1
  • Bagian Display: Aktifkan rendered dan Velocity
    gambar5

  1. Pindah kamera ke Front View dengan cara Numpad 1 > Ctrl + Alt + Numpad 0. Copy Paste Mesh (Shift + D). Remove particles yang ada dan Add Particles baru dengan nama Sebar1.
  • Bagian Emmision : Ammount: 80, Start dan End: 80, Lifetime: 100
  • Bagian Render: Trail Count : 2
    gambar6

  1. Ganti warna World jadi Hitam. Beri Material Kuning pada Mesh.001 dan Mesh.002 yang telah kita copy sebelumnya. Kita tidak perlu Add New Material, hanya dengan menekan gambar bola pada material dan langsung pilih material Kuning. Dengan begitu secara otomatis material akan mengikuti settingan material kuning sebelumnya.
    gambar7
  1. Insert Keyframe Loc (I) pada frame 1 untuk semua Mesh. Pada frame 51, Geser ke sumbu Z (Tekan G > Z dan tarik ke atas). Insert Keyframe Loc (I) lagi pada semua Mesh. Pada Frame 80 pindahkan Mesh.001 dan Mesh.002 seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk Insert Keyframe Loc (I). Untuk melihat preview animasi tekan Alt + A.
    gambar8

  1. Kini saatnya rendering. Ubah Preset jadi TV PAL, dengan begini resolusi yang kita render akan menjadi 720 x 576 pixel. Ganti format file jadi AVI JPEG dan pilih folder dimana kita menyimpan hasil render. Tekan Animation dan tunggu hingga proses rendering selesai.

 

Hiza Ro dan Pandu Aji Wirawan

[email protected]

Tanggapan Kamu

komentar